Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi PLN (ITPLN) terus melakukan transformasi untuk mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

Hal itu disampaikan Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa saat memberikan sambutan pada rangkaian acara penutupan Dies Natalis Ke-26 ITPLN di Kampus ITPLN, Jakarta, Senin (27/5).

"Dies Natalis Ke-26 ITPLN, yaitu Accelerating Becoming World Class University bertujuan untuk menghadapi tantangan global dengan kepercayaan diri dan pengetahuan yang luas, sebab ITPLN tengah bertransformasi menuju world class university," ucap Iwa melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Lulusan ITPLN siap berkontribusi memajukan sektor EBT dan kelistrikan

Penutupan acara tersebut dimulai dengan kegiatan fun walk dan berbagai kegiatan, termasuk pembagian hadiah untuk para pemenang kompetisi olahraga, penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT DSSP Power Indonesia, dan orasi ilmiah dari Direktur Universitas Indonesia (UI) GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari.

Dalam orasinya, Riri membahas tentang pentingnya peran program studi di ITPLN untuk mendukung percepatan pencapaian kebijakan pemerintah (SDGs) dalam bidang energi bersih.

Ia juga menekankan peran perguruan tinggi dalam mencetak generasi muda yang kreatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Ia menyatakan bahwa energi bersih menjadi fokus utama dalam pembangunan global. Pembangunan dengan rencana adalah contoh bagaimana  bisa membangun smart campus, smart building, dan smart society seperti yang dilakukan oleh ITPLN.

"ITPLN akan menjadi pusat dan pengembangan yang menyediakan sumber daya manusia yang unggul dan mampu memanfaatkan energi bersih dan model informasi teknologi yang ada untuk digunakan," ujar dia.

Baca juga: ITPLN menghadirkan program baru persiapkan SDM unggul di bidang energi

 ITPLN mendapatkan peningkatan pada ranking UI GreenMetric dengan percepatan menuju world class university serta komitmen yang ditunjukkan dengan banyak pencapaian yang diraih oleh ITPLN sehingga mendorong peringkat ITPLN tersebut.

Sementara itu, perwakilan PT PLN (Persero) Sri Yuliani mengharapkan ITPN semakin maju dan banyak peminat yang ingin masuk di kampus tersebut.

"Kami dari PLN Pusat sangat mendukung ITPLN dan semoga menjadi lebih baik dari tahun ke tahun," ucapnya.

Baca juga: ITPLN perpanjang waktu pendaftaran mahasiswa baru tahun 2024/2025

Perwakilan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK PLN) Kadir menuturkan di momen Dies Natalis Ke-26 ITPLN, YPK menyampaikan apresiasi untuk ITPLN yang terus bersemangat dan bahu membahu untuk bertumbuh dan berkontribusi untuk bangsa di bidang energi dan teknologi.

Penutupan Dies Natalis Ke-26 ITPLN juga diawali dengan penandatanganan MoU antara ITPLN dan PT DSSP Power Indonesia. Kerja sama tersebut diharapkan dapat memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan industri dalam bidang teknologi, energi dan tri dharma perguruan tinggi dan program pengembangan sumber daya manusia.

Dalam kesempatan itu, PT DSSP Power Indonesia menandatangani MoU untuk rekrutmen alumni D3 Teknik Mesin dan D3 Teknologi Listrik ITPLN untuk diterima sebagai karyawan PT DSSP Power Indonesia yang ditempatkan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024