Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak 286 jamaah calon haji Kota Mataram yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Lombok, hari ini dijadwalkan berangkat menuju Makkah.

"Setelah 9 hari di Madinah, alhamdulillah jamaah Kloter 7, sore ini sekitar pukul 17.00 waktu Madinah akan berangkat menuju Makkah," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Mataram H Kasmi di Mataram, Selasa.

Baca juga: Kemarin, aplikasi "Kawal Haji" hingga Presiden tanggapi soal UKT

Sebanyak 286 calon haji Kota Mataram Kloter 7 ini merupakan kloter campuran dengan jamaah dari Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah, yang dilepas masuk asrama haji pada Minggu (19/5-2024) dan diberangkatkan ke Madinah pada Senin pagi (20/5-2924).

Dikatakan, dari informasi ketua kloter sebanyak 286 calon haji Kota Mataram saat ini dalam kondisi sehat walafiat, termasuk satu orang  yang beberapa hari lalu sempat dirawat di rumah sakit (RS) Madinah karena penyakit bawaan.

"Tapi hari ini semua sudah kembali sehat, dan bersiap menuju Makkah," katanya.

Jamaah Kloter 7 ini akan bergabung dengan jamaah kloter utuh Kota Mataram sebanyak 393 orang yang sudah lebih dahulu tiba di Mekah untuk menunggu waktu pelaksanaan ibadah haji.

Baca juga: RSUP Adam Malik dan Arab Saudi berhasil lakukan 10 operasi jantung

Karenanya, sambil menunggu waktu pelaksanaan puncak ibadah haji ada tanggal 8-11 Dzulhijah 1445 Hijriah, jamaah bisa melaksanakan ibadah umrah dan ibadah-ibadah sunah lainnya.

Di Mekah, jamaah haji tinggal tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram dengan jarak sekitar 2 kilometer sehingga masih bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Hanya saja, jamaah diminta untuk terus menjaga kesehatan dan banyak minum air putih terutama air zam-zam agar tidak dehidrasi ​​​sebab cuaca di tanah suci saat ini di atas 40 derajat celsius.

"Harapan kita jamaah bisa menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan puncak ibadah haji dengan sempurna dan menjadi haji mabrur," katanya.

Baca juga: Pemkot Kediri fasilitasi keberangkatan jamaah calon haji

Pewarta: Nirkomala
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024