Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan sebanyak 808 wisudawan dari jenjang program sarjana, magister dan doktoral dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang II Tahun 2024.

“Semoga para lulusan yang diwisuda hari ini mampu memberikan banyak kebaikan dan manfaat bagi masyarakat Aceh, bangsa, dan negara ini," kata Rektor UIN Ar-Raniry Mujiburrahman di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan para lulusan harus terus mengembangkan diri setelah menyelesaikan pendidikan. Di mana kehidupan seseorang haruslah berkembang seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan.

“Perbesar ruang hidup Anda, jangan berhenti hanya pada gelar sarjana. Ruang besar inilah yang akan menentukan kehidupan Anda di masa depan,” katanya.

Baca juga: UIN Ar-Raniry dan KITLV-Jakarta jalin kerja sama kajian budaya Aceh

Baca juga: Wamenkominfo: Butuh keseimbangan gunakan teknologi digital


Menurut dia, wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari fase baru yang dipenuhi dengan tantangan dan peluang.

“Wisuda ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan baru. Teruslah belajar, teruslah berkembang dan jangan pernah berhenti bermimpi,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Muhammad Yasir Yusuf menyebutkan dari 808 lulusan tersebut terdiri dari 763 sarjana strata satu, 39 lulusan magister dan 6 lulusan doktor.

Dari keseluruhan jumlah wisudawan tersebut, 202 di antaranya meraih predikat Cumlaude, 232 lulus dengan pujian, 362 memperoleh predikat sangat baik, dan 12 lainnya meraih predikat baik.

Muhammad Yasir Yusuf menyebutkan total jumlah lulusan di kampus tersebut hingga saat ini mencapai 57.833 orang dari berbagai disiplin ilmu.*

Baca juga: UIN Ar-Raniry kirim 13 mahasiswa untuk belajar ke Jerman

Baca juga: Warek: Minat lulusan SMA/sederajat masuk UIN Ar Raniry naik 300 persen


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024