Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meraih "Digital Government Award" dengan nilai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 tertinggi untuk kategori kementerian.
 
Penghargaan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo dan diterima secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Istana Negara Jakarta.
 
"Kami mendapatkan penghargaan di sisi kementerian dengan peringkat terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini menunjukkan kami sudah menciptakan transformasi digital sistem pemerintahan yang baik di Kemenparekraf untuk pelayanan publik," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa.
 
Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2024, Kemenparekraf memperoleh nilai Indeks SPBE 4,67 (kategori memuaskan), tertinggi di antara 621 instansi yang dinilai pada tahun 2023.

Baca juga: Menparekraf: Indeks pariwisata Indonesia peringkat 22 dunia

Baca juga: Sandiaga Uno sebut Pulau Flores NTT memiliki potensi pariwisata religi


Penghargaan ini diberikan atas hasil evaluasi penerapan SPBE kepada seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah.
 
SPBE, lanjut dia, penting untuk pemerintahan digital yang transparan, efisien, dan responsif, mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kolaborasi antarinstansi.
 
"Seperti apa yang Bapak Presiden Joko Widodo sampaikan, tidak boleh birokrasi itu lama, menyulitkan, membuat repot. Tapi justru harus berorientasi terhadap layanan yang cepat, layanan yang simpel, sederhana. Karenanya kita harus gerak cepat, gerak bersama, dan gaspol yakni garap semua potensi online kita agar bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan publik," ujarnya.
 
Sandiaga mengatakan Kemenparekaf telah berhasil melakukan digitalisasi yang transparan, efisien dan responsif.
 
"Kita mengintegrasikan layanan publik sehingga akuntabel dan yang penting agar pelayanan kepariwisataan dan ekonomi kreatif itu bisa terselenggara dengan baik," tutup Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf siap deportasi hingga beri sanksi hukum wisman berulah

Baca juga: Menparekraf minta studi tur dijalankan kembali dengan syarat
 
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024