Jakarta (ANTARA) - Presiden Intelligent Transport System (ITS) Indonesia William Sabandar mengatakan tiga inisiatif transportasi berkelanjutan diteken saat pembukaan Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta, Selasa.

“Forum ini dibuka dengan peluncuran tiga inisiatif utama yang berdampak besar pada sektor transportasi di Indonesia,” kata Presiden ITS Indonesia William saat pembukaan Forum ITS Asia Pacific Ke-19 tersebut.

William merinci tiga inisiatif transportasi berkelanjutan yang diteken, pertama Chair’s note on sustainable, yang telah dirumuskan bersama 28 perwakilan pemerintah negara sahabat.

Deklarasi itu menegaskan komitmen untuk memajukan transportasi cerdas dan berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik melalui konektivitas regional, transportasi inklusif, solusi berdampak tinggi, dan mekanisme pembiayaan kreatif.

Kedua, peluncuran Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility, sebuah rencana aksi konkret untuk pembangunan transportasi cerdas dan berkelanjutan yang dimulai dari Jakarta.

Inisiatif ini, kata William, melibatkan kolaborasi antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Asosiasi ITS Indonesia, ITS Asia Pasifik, dan 5P Global Movement, yang mencerminkan sinergi antara dunia usaha, asosiasi transportasi, dan aliansi masyarakat sipil global.

William juga mengatakan bahwa Kadin bersama ITS Indonesia dan Gerakan 5P Global, menginisiasi Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility dengan fokus pada tiga pilar utama yakni keberlanjutan (mempromosikan kendaraan listrik, bahan bakar ramah lingkungan, dan budaya bersepeda serta berjalan kaki).

Lalu, intelligence (menggunakan teknologi untuk mendukung ekosistem mobilitas); dan aksesibilitas (menciptakan solusi mobilitas inklusif yang aman, andal, dan terjangkau bagi semua warga negara).

“Tadi sudah selesai ITS Asia Pasific round table yang dipimpin langsung Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan sudah dicanangkan yang namanya Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility yang ditandatangani, disepakati, didukung oleh sejumlah negara dan lembaga-lembaga internasional seperti World Bank dan Asian Development Bank,” jelas William.

Ketiga, peluncuran kampanye Electric Mobility Road to COP 29 (E-mobi to COP29), yang merupakan peluncuran penggunaan kendaraan listrik oleh delegasi COP29, dimulai dari Jakarta, Roma, dan Baku, menegaskan komitmen terhadap energi bersih dan mobilitas berkelanjutan.

“Komitmen Indonesia terhadap penggunaan energi bersih dan transportasi berkelanjutan,” kata William.
 

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid diwawancara di sela pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (28/5/2024). ANTARA/Harianto
 

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan inisiatif tersebut dapat menjadi katalisator, yang diprakarsai oleh tiga pemangku kepentingan utama yakni Sistem Transportasi Cerdas (ITS) Indonesia, Kadin Indonesia, dan Gerakan Global 5P.

Arsjad menuturkan bahwa pihaknya akan fokus pada Jakarta sebagai titik awal sebelum mereplikasi model itu ke kota-kota lain.

Namun dia mengaku bahwa untuk mendukung hal itu diperlukan upaya kolaboratif yang inklusif, gotong royong dari pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sipil untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Yaitu sistem transportasi yang lebih cerdas, lebih hijau, dan lebih terhubung untuk Indonesia dan kawasan Asia Pasifik yang lebih luas," kata Arsjad.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan penerapan sistem transportasi cerdas di Tanah Air merupakan upaya dalam pemerataan dan peningkatan sistem transportasi yang aman, terjangkau, dan ramah lingkungan.

"Upaya pemerataan dan peningkatan akses terhadap sistem transportasi yang aman, terjangkau, dan ramah lingkungan kepada masyarakat tentunya perlu menjadi fokus perhatian. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di sektor transportasi, salah satunya melalui sistem transportasi cerdas," kata Wapres ketika membuka forum The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Upaya penerapan sistem transportasi cerdas, kata Wapres, juga perlu dilakukan seiring dengan meningkatnya populasi dan juga tantangan global yang dihadapi penduduk dunia yang semakin kompleks.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kanan) diwawancara di sela menghadiri pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (28/5/2024). ANTARA/Harianto

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan sistem transportasi cerdas merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah urbanisasi yang kian meningkat.

Budi mengatakan, populasi dunia sangat berkembang pesat dengan mayoritas penduduk tinggal di perkotaan. Pada 2050 diperkirakan dua pertiga dari penduduk di seluruh dunia akan tinggal di perkotaan.

“Hal ini menghadirkan tantangan yang berat terhadap transportasi berupa kemacetan lalu lintas, kecelakaan, polusi gas karbon. Dan sistem transportasi cerdas ITS (Intelligent Transport System) dapat mengatasi masalah ini bila menggunakan berbagai teknologi,” kata Menhub.

Baca juga: ITS Asia Pacific Forum 2024 diharap hadirkan sistem mobilitas cerdas
Baca juga: Menhub sebut transportasi cerdas solusi atasi urbanisasi
Baca juga: Wapres: IKN dapat jadi pionir kota berbasis transportasi cerdas


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024