Jakarta (ANTARA) - Panti Wreda Wisma Mulia di Jakarta Barat menjadi tuan rumah gelaran "Pesta Nosta” untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ditetapkan setiap 29 Mei.

Pesta Nosta dengan tema “Aktif dan Bahagia Tanpa Pandang Usia” itu diharapkan dapat memberdayakan para lansia agar hidup lebih aktif dan sehat, serta membawa mereka kembali ke masa-masa prima melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan.

"Kami berharap acara ini bisa menjadi inspirasi kepada generasi selanjutnya, dengan keakraban dan kehangatan kita semua bisa menjadi kunci untuk mempersembahkan masa depan yang lebih bermakna,” ujar Brand Manager PT Herbathos Untuk Indonesia (Etawalin), Lody Supit dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dilansir dari data Kementerian Sosial RI, hingga tahun 2022, terdapat sekitar 900 panti jompo di Indonesia dengan total penghuni mencapai 25.000 orang. Angka itu terus meningkat seiring bertambahnya usia harapan hidup penduduk Indonesia.

"Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, kami ingin berbagi kebahagiaan dan momen yang bisa mengingatkan kembali serunya masa muda agar para lansia dapat tetap bersemangat untuk terus hidup sehat dan aktif," kata Lody menambahkan.

Baca juga: Pemkot Jakpus: Lansia perlu dibantu kembangkan minat dan jejaring

Pada acara itu, kalangan lansia juga mendapatkan materi kebugaran fisik dari Wellness Coach, Palupi, yang memberikan beberapa contoh gerakan latihan fisik ringan.

Latihan ringan itu dapat dilakukan oleh para lansia dengan gerakan yang sederhana, yakni duduk seperti mengepal tangan, mengangkat kaki, dan latihan mengatur nafas.

"Bagi lansia dibutuhkan waktu bergerak 150 menit dalam sehari supaya bisa tetap aktif bergerak. Tak hanya itu latihan ini juga dapat menjaga kelenturan otot dan konsentrasi kita," kata Palupi.

Setelah itu, para lansia diajak menikmati hiburan dengan bernyanyi bersama, merayakan beberapa lansia yang berulang tahun di bulan ini serta pemberian donasi kepada pengurus panti.

"Acaranya seru sekali, saya bisa ikutan menari dan menyanyi. Apalagi ketika saya berhasil menebak lagu 'Falling in Love with You', ini salah satu lagu kenangan buat saya," kata salah satu penghuni panti, Oma Diah yang berusia 72 tahun.

Baca juga: Lansia dinilai berperan majukan peradaban bangsa

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade irma Junida
COPYRIGHT © ANTARA 2024