Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) Pabrik Gula Semboro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menargetkan untuk menggiling tebu sejumlah 793 ribu ton pada musim giling  2024.

"Steam test telah dilakukan, peralatan sudah diuji dan dinyatakan siap giling. Kami mulai giling tanggal 3 Juni 2024 dengan target giling tebu sebesar 793 ribu ton dan produksi gula konsumsi 56 ribu ton," kata General Manager PG Semboro Agus Budi Juwono saat petik panen tebu dan selamatan buka giling di pabrik gula setempat, Rabu.

Ia mengatakan target  2024 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya karena pada 2023 capaian PG Semboro sebesar 43 ribu ton gula konsumsi dan menggiling 625 ribu ton tebu.

"Meskipun dampak El-Nino pada tebu masih dirasakan hingga saat ini, kami optimis target tahun ini dapat dicapai, salah satunya dengan bertambahnya luas kebun kurang lebih hingga 2 ribu hektare," tuturnya.

Baca juga: Tradisi petik tebu manten awali giling Pabrik Gula Jatiroto Lumajang

Sementara itu Direktur Operasional SGN Dodik Ristiawan mengatakan hingga saat ini delapan pabrik gula SGN sudah memulai giling untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat yakni PG Kwala Madu Sumatera Utara, PG Rendeng dan PG Mojo di Jawa Tengah, PG Ngadiredjo, Gempolkrep, Assembagus, Pradjekandan Poerwodadie di Jawa Timur, dan dalam waktu dekat akan bertambah jumlahnya.

"Delapan pabrik gula SGN telah giling. Pada Rabu ini PG Poerwodadie juga baru memulai giling dan akan disusul pabrik gula lainnya untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan komitmen pihak SGN jelas untuk tercapainya ketahanan pangan yakni swasembada gula nasional, namun unit kerja pabrik gula juga memberikan kontribusi pada daerah masing-masing di antaranya stimulasi perekonomian masyarakat, serapan tenaga kerja hingga menyumbang pendapatan asli daerah.

"Tahun ini SGN target giling tebu 13,5 juta ton dan produksi tahun 2024 sebesar total 992 ribu ton gula kristal putih. Selain pemenuhan kebutuhan gula konsumsi, SGN memberikan kontribusi sebagai stimulan ekonomi, menyerap tenaga kerja hingga menyumbang PAD," ujarnya.

Baca juga: PG Rendeng Kudus targetkan produksi gula 20.000 ton

Sementara itu Ketua APTRI PG Semboro Achmad Sutrisno memberikan dukungan dan berharap suksesnya giling di pabrik gula setempat.

"Kami berharap giling tebu bisa berjalan dengan lancar. Untuk para petani ayo kirim tebu yang bagus, MBS (manis bersih segar) ke PG Semboro sehingga rendemennya bisa tinggi," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024