Jakarta (ANTARA) - Republik Indonesia dan Republik Ceko melalui penandatanganan Surat Pernyataan Kehendak resmi membentuk Kerja Sama Kota Bersaudara yang sarat akan warisan budaya antara Kota Yogyakarta dengan Kota Hluboká nad Vltavou di South Bohemian Region, Ceko.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu mengatakan kerja sama tersebut merupakan sebuah langkah bersejarah dalam hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Republik Ceko.

Penandatanganan dokumen kerja sama dilakukan oleh Pj. Walikota Yogyakarta dan Walikota Hluboká nad Vltavou yang didampingi oleh Duta Besar RI Praha, Ibu Kenssy D. Ekaningsih dan Duta Besar Republik Ceko di Jakarta, Bapak Jaroslav Doleček serta disaksikan oleh para pejabat terkait dari Pemerintah dan DPRD Kota Yogyakarta, Kementerian Luar Negeri, dan KBRI Praha.

Kerja sama tersebut mencakup berbagai bidang, antara lain promosi pariwisata, pertukaran dan pertunjukan budaya, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM), serta pendidikan dan kepemudaan. Dalam waktu satu tahun ke depan, diharapkan implementasi kerja sama ini dapat dituangkan ke dalam Nota Kesepahaman (MoU).

Kedua delegasi juga telah melakukan pertemuan koordinasi dengan para mitra terkait, dipandu oleh Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Pemerintah Kota Yogyakarta untuk merumuskan rencana kerja sebagai tindak lanjut dari LoI.

Adapun Kota Yogyakarta dan Hluboká nad Vltavou memiliki kesamaan sebagai tujuan wisata dunia karena menjadi tuan rumah bagi situs Warisan Dunia UNESCO, yakni Sumbu Filosofis Yogyakarta (The Cosmological Axis of Yogyakarta), Kota Český Krumlov (Historic Centre of Český Krumlov), dan Kampung Holašovice (Holašovice Historic Village).

Masyarakat kedua kota sama-sama menjunjung tinggi warisan budayanya yang terlihat dari upaya serius untuk melestarikan kekayaan tersebut melalui berbagai program cagar budaya, festival, serta edukasi interaktif bagi generasi muda.

Walikota Hluboká, Ing. Tomáš Jirsa yang juga menjabat sebagai Senator Republik Ceko memuji kemajuan pembangunan di daerah Yogyakarta dan menyorot hal positif tentang keterlibatan seluruh masyarakat dalam perekonomian lokal yang bertopang dari sektor pariwisata.

“Proyek kerja sama kota kembar dengan kampung halaman saya, Yogyakarta adalah impian setiap kali bertugas di perwakilan di luar negeri,” ujar Duta Besar Kenssy.

Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Kenssy D. Ekaningsih yang mengawal langsung inisiatif pembentukan kerja sama tersebut sejak bulan Juli 2023, mengapresiasi semangat dan kerja keras delegasi dari kedua negara dalam mewujudkan kerja sama kota bersaudara dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga: Dubes Ceko temui Sultan bahas kerja sama pariwisata hingga pendidikan
Baca juga: Menhan RI bahas kerja sama pertahanan dengan Ceko 


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024