Jakarta (ANTARA) - Ons Jabeur meminta French Open untuk mencoba lebih banyak dalam hal mempromosikan tenis putri di jam tayang utama turnamen tersebut.

Pada 2022 dan 2023, hanya dua pertandingan tunggal putri yang ditampilkan dalam total 20 sesi malam yang dialokasikan.

"Saya akan mendapat masalah lagi, bukan? Dengar, saya tahu mereka berusaha di sini. Saya berharap mereka akan mencoba lebih banyak lagi," kata petenis peringkat sembilan dunia asal Tunisia, Jabeur, setelah mencapai babak 32 besar dengan mengalahkan Camila Osorio dalam tiga set, Rabu.

"Itu bukanlah sesuatu yang bisa kita ubah dalam satu hari. Saya menonton TV setiap hari. Banyak pria yang lebih sering bertanding dibandingkan wanita, dan itulah kenyataannya."

Selama empat hari pertama turnamen 2024, sesi sepanjang malam menampilkan tunggal putra -- dengan peringkat satu dunia dan juara bertahan Novak Djokovic, peringkat kedua Jannik Sinner, dan pemenang tiga kali Andy Murray ikut serta.

Pertandingan kelima pada Kamis ditetapkan untuk mempertemukan petenis Prancis Gael Monfils -- yang juga bermain pada pertandingan Senin malam -- menghadapi Lorenzo Musetti.

Baca juga: Osaka semangat tantang Swiatek di babak kedua French Open

Bagi Jabeur, pertandingan paling menonjol pada Rabu adalah duel antara petenis nomor satu dunia putri Iga Swiatek dan sesama juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka.

Namun, pertandingan itu menutup sesi sore di Lapangan Philippe Chatrier dengan pertandingan Sinner melawan veteran Prancis Richard Gasquet yang berlangsung pada sesi malam prime time.

"Osaka vs Swiatek adalah tontonan yang brilian. WTA perlu berbuat lebih banyak untuk memanfaatkan pertandingan ini!" tulis Murray di aplikasi X.

Jabeur berharap direktur turnamen Amelie Mauresmo, mantan peringkat satu dunia, akan berhasil dalam keseimbangan penjadwalan.

"Saya tidak akan berbohong tentang hal itu. Saya pikir Amelie melakukan pekerjaan luar biasa dan mencoba mengubahnya, tetapi hal-hal ini membutuhkan waktu," kata Jabeur.

"Saya berharap saya bisa melihat perubahannya lebih jauh. Saya berharap saya melihat pertandingan Osaka dan Iga hari ini sebagai sesi malam. Tapi itu adalah pilihan. Saya memahaminya. Mungkin saat yang tepat adalah sekarang."

"Saya akan terus berusaha dan saya benar-benar ingin melihat lebih banyak promosi olahraga wanita secara umum dan tenis wanita secara umum," ujar petenis berusia 29 tahun itu.

Baca juga: Sabalenka melenggang mulus ke babak kedua French Open

Baca juga: Alcaraz selamat dari tekanan untuk bertahan di French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024