Jakarta (ANTARA) - CEO Indodax Oscar Darmawan menyatakan dukungan Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donal Trump terhadap industri kripto sangat berarti karena menjadi sinyal positif bahwa mata uang digital tersebut akan mendapatkan perhatian lebih dari regulator di seluruh dunia.

"Dukungan dari tokoh penting seperti Donald Trump sangat berarti bagi industri kripto. Ini memberikan sinyal positif bahwa kripto akan mendapatkan perhatian lebih dari regulator di seluruh dunia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

Baginya dukungan dari figur publik seperti Trump dapat mendorong adopsi yang lebih luas dari blockchain dan kripto, serta meningkatkan kepercayaan publik dan mempercepat penerimaan terhadap teknologi tersebut.

Seperti diketahui, Donald Trump memberikan komitmen untuk melindungi masa depan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di AS. Baru-baru ini, Trump mengumumkan bahwa dompet kripto miliknya bernilai lebih dari 10 juta dolar AS yang sebagian besar dalam bentuk koin $TRUMP dan 463 Ethereum.

Selain itu, Trump menegaskan dukungan terhadap hak individu melakukan penyimpanan mandiri (self-custody) aset kripto mereka. Menurut dia, hak untuk penyimpanan mandiri adalah aspek penting dari kebebasan finansial. Setiap individu harus memiliki kendali penuh atas aset digital mereka tanpa campur tangan berlebihan dari pemerintah,

Oscar menilai bahwa hak penyimpanan mandiri merupakan salah satu aspek penting dalam keamanan dan kebebasan pengguna kripto. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali penuh atas aset mereka dan mengurangi risiko kehilangan aset akibat kegagalan pihak ketiga.

“Ini adalah langkah penting menuju desentralisasi yang lebih besar,” ungkap dia.

Di Indonesia, pihaknya disebut terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keamanan dalam bertransaksi kripto.

"Kami di Indodax selalu mengutamakan keamanan dan edukasi bagi para pengguna. Dengan adanya dukungan global, kami optimis bahwa industri kripto akan semakin berkembang dan diterima secara luas. Indodax juga menyediakan platform Indodax Academy yang dapat diakses di web secara gratis dan platform social media lainnya,” kata Oscar.

Baca juga: CEO Tokocrypto sebut transaksi kripto RI bisa Rp800 triliun setahun
Baca juga: Rawan pencucian uang, Bappebti: Industri kripto RI sudah diregulasi
Baca juga: Bappebti nilai perlu adanya peningkatan literasi untuk adopsi kripto

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024