Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memfasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) serentak di tiga lokasi di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, dalam rangka memperingati HUT Ke-20 Taruna Siaga Bencana (Tagana).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) di Jakarta pada Kamis, Mensos Risma beserta 696 personel Tagana dari seluruh Indonesia hadir mengikuti upacara Santiaji dalam rangka peringatan hari jadi organisasi sosial tersebut di lapangan Kantor Bupati Aceh Utara, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (28/5) malam.
 
"Terus berjuang karena kalian adalah pahlawan kemanusiaan. Pegang itu terus di dalam dada, maka kalian tidak akan pernah menyerah," pesan Mensos kepada seluruh Tagana yang hadir.
 
Guna menyambut HUT ke-20 Tagana, Kemensos memfasilitasi pembentukan KSB serentak pada tiga lokasi di Kabupaten Aceh Utara, yakni Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Banda Baro, dan Kecamatan Sawang, yang diikuti sebanyak 275 orang.

Baca juga: Mensos janji bangun sumur bor di Aceh Utara, atasi air bersih langka
 
Selain itu Kemensos membangun lumbung sosial pada enam lokasi untuk kesiapan terhadap bencana yakni di Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Cot Girek, Kecamatan Langkahan, Kecamatan Pirak Timur, dan Kecamatan Matangkuli.
 
Adapun masing-masing lumbung sosial berisi keperluan logistik mendasar untuk menghadapi bencana, seperti makanan dan lauk pauk siap saji, makanan anak, kasur, selimut, kidsware, family kit, sandang dewasa, sandang anak, tenda gulung, peralatan dapur keluarga, dan velbed.
 
Pada kesempatan yang sama Ketua Tagana Provinsi Aceh Rizal Dinata menyebutkan sejak 15 Mei 2024 sebanyak 270 personel Tagana dikerahkan untuk membangun 27 Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi para lansia pada 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara.
 
Ia menambahkan personel Tagana yang lain dibagi untuk melakukan penghijauan, partisipasi dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 dan juga Tagana Masuk Sekolah.

Baca juga: Mensos apresiasi Tagana bantu dirikan 27 RST di Aceh Utara
 
"Alhamdulillah, kami berkontribusi dalam pembangunan 27 RST. Alhamdulillah, juga bisa melakukan penghijauan dan menyelenggarakan kegiatan Tagana masuk sekolah," ujar Rizal.
 
Sebagai informasi Tagana melakukan berbagai kegiatan di Kabupaten Aceh Utara untuk menyambut hari jadi ke-20, mulai dari membangun 27 RST bagi para lansia, memberikan penyuluhan mengenai bencana alam dan bencana sosial di 20 sekolah.
 
Bahkan Tagana bersama Lanjut Usia Taruna Siaga Bencana (Lansiagana) dan 50 orang siswa juga melakukan simulasi bencana di halaman Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara pada Rabu (29/5).

Baca juga: Mensos: Perawatan lansia di panti sosial bukan budaya bangsa Indonesia

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024