Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Lawang Agung di Kabupaten Musi Rawas Utara dalam keadaan stabil saat kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatra Selatan, Kamis.

"Harga-harga stabil. Saya lihat kayak cabai rawit di angka Rp55 ribu, cabai hijau, cabai merah Rp50 ribu, bawang juga sama, bawang putih Rp40 ribu, bawang merahnya Rp45 ribu. Harganya baik," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam keterangan pers, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa situasi harga di pasar tersebut stabil.

Selain mengecek harga, kunjungan ini juga dalam rangka menyoroti infrastruktur lokal. Presiden menyinggung kunjungan sebelumnya ke RSUD Rupit, mengindikasikan bahwa pemeriksaan infrastruktur merupakan bagian dari agenda.

Baca juga: Presiden RI dijadwalkan hadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai

"Tadi yang rumah sakit sudah, rumah sakit. Nanti saya ke sini itu pasti ada maksudnya. Nanti akan dicek dari Kementerian PU," tambahnya merespons pertanyaan terkait atensi pemerintah pusat terhadap kondisi pasar setempat.

Dalam tinjauannya, Presiden Jokowi sempat membeli keripik ubi yang merupakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Salah satu penjual keripik, Oka Evrita, menceritakan bahwa Presiden Jokowi mengapresiasi pengemasan produk yang dinilainya sudah baik.

"(Presiden) beli empat, tadi dikasih Rp500 ribu. Harganya cuma ini Rp35 (ribu), rendangnya Rp100 (ribu), kalau pedonya cuma Rp40 ribu. Terima kasih Pak Jokowi," lanjutnya.

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan Kapolri agar kasus Vina dikawal transparan

Peninjauan ini menegaskan komitmen Presiden untuk memantau langsung kondisi ekonomi dan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pasar tradisional yang menjadi barometer ekonomi kerakyatan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut yaitu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Pj. Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni, dan Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024