Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan berbagai layanan, bantuan, dan kegiatan, guna memberikan manfaat bagi para lansia dalam rangka memperingati puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke- 28 yang berlangsung di Lapangan Simpang Landing, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kemensos di Jakarta pada Kamis, sebanyak 1.300 lansia dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Utara menghadiri acara puncak tersebut.
 
"Kemensos memberikan pelayanan lengkap, mulai dari layanan kesehatan, menyelesaikan masalah kependudukan, hingga perbaikan rumah untuk lansia," ujar Mensos Tri Rismaharini pada Rabu (29/5).
 
Ia menerangkan pemilihan Kabupaten Aceh Utara menjadi tuan rumah HLUN 2024 karena kabupaten tersebut memiliki jumlah lansia lebih dari 50.000 orang. Oleh karena itu Kemensos memberikan layanan lengkap sejak awal Mei lalu.

Baca juga: Mensos ajak masyarakat Indonesia tingkatkan kepedulian terhadap lansia
 
Pada perayaan tahun ini sebanyak 854 lansia mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT), dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis saraf, dokter spesialis ortopedi, hingga layanan fisioterapi.
 
Selain itu layanan apotik juga disediakan di lokasi tersebut, sehingga lansia bisa langsung menebus obat tanpa dipungut biaya.
 
Salah seorang peserta asal Desa Dayah, Lhoksukon, Alamsyah Amin (67) mengatakan sangat senang mendapat layanan pemeriksaan dan pengobatan THT gratis dari Kemensos.
 
“Saya sangat senang, apalagi bisa bertemu Ibu Risma yang jauh-jauh datang dari Jakarta ke Lhoksukon,” ujarnya.

Baca juga: Operasi katarak gratis, Nenek Siti senang bisa kembali jahit baju cucu
 
Adapun layanan lainnya, sebanyak 200 lansia  berpartisipasi dalam senam prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran mereka.
 
Selain itu sebanyak 176 lansia juga mengikuti sidang isbat nikah terpadu yang diselenggarakan oleh Mahkamah Syariah, KUA Kemenag, serta Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara.
 
Ia juga menyebutkan kegiatan donor darah masuk dalam rangkaian acara perayaan HLUN 2024, dengan jumlah partisipasi sebanyak 200 relawan dari unsur Tagana dan masyarakat umum, guna membantu memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Aceh Utara.
 
Sebagai informasi, rangkaian HLUN 2024 di Kabupaten Aceh Utara sudah mulai dilaksanakan sejak 10 Mei 2024. Selain dirayakan di lokasi utama yakni di lapangan Kantor Bupati Aceh Utara, HLUN 2024 juga dirayakan bersama lansia pada 26 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara dan 10 titik lainnya di berbagai penjuru Indonesia bagian timur, seperti Papua, Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, dan daerah lainnya.

Baca juga: Kemensos fasilitasi isbat nikah 176 pasangan lansia di Aceh Utara
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024