Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan Indonesia memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk olahraga ekstrem salah satunya surfing hingga diving.

"Alhamdulillah, hari ini kita membuka kembali Deep and Extreme Indonesia 2024 (DXI 2024). Kita bersyukur bahwa kegiatan ini bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman, juga di daerah untuk bisa mengembangkan wisata selam, surfing, fishing yang mempunyai potensi luar biasa," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu di Jakarta, Jumat.

Ia menilai olahraga ekstrem memiliki keterkaitan yang erat dengan pariwisata Indonesia.

Karenanya, ia berharap pameran tersebut mampu menjadi ajang promosi potensi pariwisata Indonesia terutama dalam wisata minat khusus yakni olah olahraga ekstrem.

"Pameran ini sejalan dengan program Kemenparekraf untuk mendorong wisatawan bukan hanya dari segi kuantitas tapi juga kualitas," ujarnya.

Ia juga menilai lewat kegiatan olahraga ekstrem seperti surfing berpotensi untuk menyumbang perekonomian negara dan ekonomi lokal lewat pariwisata.

Ia mengungkapkan pariwisata Indonesia tak hanya berfokus pada kuantitas, namun mengutamakan kualitas.

"Jadi, yang kita kejar adalah menghabiskan uang (spending) dan lama tinggal dari produk wisata kita. (Lewat) diving, surfing dan lain-lain itu mereka akan tinggal lebih lama," ujarnya pula.

Sementara itu, Presiden Direktur Dyandra Event Solutions Michael Bayu Sumarijanto mengatakan, pihaknya mendukung peningkatan pariwisata Indonesia lewat DXI 2024.

Ia menyebut kegiatan itu menjadi platform promosi yang efektif bagi industri air, ekstrem, dan wisata luar ruang yang berkaitan dengan gaya hidup serta menjadi wadah mempertemukan stakeholder terkait olahraga ekstrem di Indonesia.

"Sehingga bisa menghasilkan gagasan menarik untuk meningkatkan minat olahraga ekstrem di Indonesia serta berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan luar dan dalam negeri," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf dorong acara berkonsep berkelanjutan untuk promosi usaha
Baca juga: Kemenparekraf pertemukan UMKM dengan industri besar via ajang Kenarok
Baca juga: Kemenparekraf raih Digital Government Award

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024