Jakarta (ANTARA) - Pengundian babak utama FIBA Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 sudah dilakukan yang menempatkan wakil Indonesia Pelita Jaya Basketball tergabung di Grup B bertemu dengan tim asal Jepang dan Korea Selatan.

Pengundian grup yang dilaksanakan Dubai Uni Emirat Arab pada Jumat, menempatkan Pelita Jaya bersama dengan Hiroshima Dragonflies, tim peringkat tujuh B League Jepang, dan Busan KCC Egis yang merupakan tim peringkat lima di liga bola basket Korea.

BCL Asia atau yang dulunya dikenal sebagai FIBA Asia Champions Cup merupakan kompetisi klub utama Asia. Edisi perdana turnamen ini akan berlangsung pada 9-15 Juni di Dubai, Uni Emirat Arab.

Babak utama akan diikuti delapan tim, yang dibagi menjadi dua grup. Indonesia diwakili oleh Pelita Jaya Basketball yang menyapu bersih semua pertandingan selama babak kualifikasi (6-0).

Satu tim lain yang akan menempati Grup B bersama dengan Pelita Jaya, Hiroshima Dragonflies, dan KCC Egis adalah tim juara dua dari kompetisi FIBA West Asia Super League 2024.

Mengutip laman resmi FIBA, babak penyisihan akan berlangsung dengan sistem round-robin. Masing-masing tim akan memainkan tiga pertandingan untuk fase penyisihan di grup masing-masing. Kemudian dua tim teratas klasemen masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal.

Setelah sampai di semifinal, tim peringkat pertama Grup A dan B akan berhadapan dengan tim peringkat kedua dari grup lawan, atau menggunakan sistem silang. Pemenangnya akan masuk ke babak final.

Jenjang berikutnya dari FIBA BCL Asia 2024 juga sudah disiapkan. Tim pemenang, atau juara BCL Asia 2024 berhak mewakili benua (Asia) di Piala Interkontinental FIBA.

Baca juga: PJ jadi wakil Indonesia di BCL Asia 2024, Ahang: Semoga berdampak baik


Baca juga: Miyu, Cellos, dan BCL ramaikan pembukaan IBL All-Star 2024




Berikut daftar tim di kompetisi BCL Asia 2024:

Grup A
Lioning Flying Leopards (China)
Shabab Al Ahli (UEA)
NS Matrix Deers (Malaysia)
Juara FIBA WASL

Grup B
Hiroshima DragonFlies (Jepang)
Runner Up FIBA WASL
Busan KCC Egis (Korea Selatan)
Pelita Jaya Basketball (Indonesia)

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024