Baturaja (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024 dari Majalah Top Business atas keberhasilan dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Senior Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja di Baturaja, Kabupaten OKU, Sabtu mengatakan bahwa penghargaan tersebut diterima Direktur Utama SMBR Suherman Yahya saat penganugerahan TOP CSR Awards 2024 di Jakarta pada Rabu (29/5).

Ia mengatakan, SMBR meraih dua kategori penghargaan yaitu TOP CSR Awards 2024 on Star 4 dan TOP Leader On CSR Commitment.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen tinggi jajaran SMBR dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan plat merah tersebut.

Baca juga: Semen Baturaja bagikan dividen Rp24,31 miliar untuk tahun buku 2023

"Perusahaan yang menerima penghargaan ini dinilai berhasil menjalankan bisnis semata, dan juga mampu memberikan nilai tambah untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan," jelasnya.

Gili menyampaikan, penghargaan ini sebagai bukti komitmen SMBR dalam menjalankan program TJSL yang mengacu pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang terdiri atas empat pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, hukum dan tata kelola.

Adapun program berkelanjutan yang dijalankan oleh SMBR seperti Program Eco Cafe yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui salah satu mitra binaan Rumah BUMN Baturaja dengan konsep bayar kopi pakai sampah untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Kemudian, pihaknya juga menjalankan Program Economic & Education Bee Farm yaitu mendayagunakan lahan kosong untuk budi daya lebah madu trigona atau klanceng berbasis pendidikan dan ekonomi yang menjadi nilai tambah bagi masyarakat melalui penggunaan Alternative Fuel dan Raw (AFR) pada kegiatan produksi untuk mengurangi emisi karbon.

Baca juga: Semen Baturaja salurkan Rp3,9 miliar untuk kegiatan sosial selama 2023

"Program-program ini menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan yang berdampak bagi lingkungan dan perusahaan," ujar Gili.

Sementara, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menjelaskan, penilaian TOP CSR Awards 2024 ini berbasis ketentuan ISO 26000, ESG, dan strategi bisnis dari para kandidat pemenang.

Menurut Lutfi, ajang penghargaan tahunan ini digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

“TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” kata Lutfi dalam keterangan resminya.

Setiap tahun, lanjut dia, TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan baik swasta, BUMN, dan BUMD di Indonesia.

"Selain proses penilaian yang objektif dan independen, setiap peserta mendapat banyak manfaat karena dapat terpacu serta terus belajar dan berusaha untuk meningkatkan efektivitas serta kualitas program-program CSR mereka," ujar Lutfi.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024