Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024, karena dinilai berdedikasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan sekitar operasi perusahaan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan penghargaan tersebut merupakan buah dari upaya perusahaan melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR), yang diselaraskan dengan konsep creating shared value (CSV).

Menurut dia, sebagai generation company terbesar se-Asia Tenggara, PLN IP tak hanya memenuhi kebutuhan listrik yang andal bagi masyarakat Indonesia, namun juga menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

"Selain berupaya memenuhi kebutuhan listrik, kami juga memiliki konsentrasi dalam meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, maupun terkait pendidikan masyarakat di sekitar wilayah unit bisnis pembangkitan. Hal ini kami selaraskan dengan konsep CSV, sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian SDGs," kata Edwin.

Edwin menambahkan dalam menjalankan setiap proses bisnis, PLN IP telah berpedoman pada ISO 26000, prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environmental, social, and governance (ESG).

Penerapan konsep itu pada setiap proses bisnis yang dijalankan korporasi telah membantu dalam mencapai tujuan yang berkelanjutan, memitigasi risiko, maupun dalam membangun reputasi yang kuat serta mendukung pertumbuhan jangka panjang.

"Hal ini juga memastikan bahwa perusahaan berkontribusi positif pada lingkungan, masyarakat, dan tata kelola yang baik. Penghargaan ini adalah bukti nyata kerja keras seluruh jajaran insan PLN IP, komitmen dan konsistensi dalam berkontribusi kepada masyarakat, mendorong inovasi untuk memperkuat kinerja bisnis, serta tetap memperhatikan aspek sosial dan lingkungan," tutur Edwin.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Reliantoro mengatakan penghargaan TOP CSR Awards 2024 merupakan pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan, yang telah menonjol dalam praktik TJSL serta faktor ESG.

"Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan, yang tidak hanya berkinerja baik secara finansial, tetapi juga telah berkontribusi secara signifikan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya," paparnya.

Penghargaan yang diraih PLN IP, di antaranya Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Grati, yang memperoleh Golden Thropy dan juga TOP CSR Awards 2024 dengan kategori Star 5; UBP Saguling meraih TOP CSR Awards 2024 dengan kategori Star 5; dan UBP Banten 1 Suralaya, yang meraih TOP CSR Awards 2024 dengan kategori Star 4.

Di samping itu, masing-masing pimpinan UBP Grati, Saguling dan Banten 1 Suralaya juga mendapatkan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2024.

Baca juga: Perkuat inovasi CSR, PLN EPI raih penghargaan TOP CSR Awards 2024
Baca juga: PLN IP kebut pembangunan PLTS 500 MW dari proyek Hijaunesia
Baca juga: PLN IP UBP Priok siapkan pasokan listrik 2.777 MW selama Ramadhan

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024