Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman ideologi dalam bekerja sehari-hari.

Muhammad Yusup saat ditemui di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dijadikan pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja, serta dapat dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

"Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," kata Muhammad Yusup saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Balai Kota Kendari.

Dia menyebutkan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengangkat tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", yang mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

"Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya.

Baca juga: Khofifah ajak seluruh elemen bangsa terus membumikan Pancasila
Baca juga: Masyarakat Natuna diminta praktikkan nilai Pancasila dalam kehidupan


Muhammad Yusup juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," jelas Muhammad Yusup.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD dan para Pejabat Tinggi Pratama serta Pejabat Administrator lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dengan menggunakan pakaian adat daerah.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung: Pancasila sebagai semangat gotong royong
Baca juga: AHY: Hari Lahir Pancasila momentum perkuat implementasi
Baca juga: Esensi Hari Lahir Pancasila dan semangat kebangsaan yang egaliter

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024