Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kenparekraf/Baparekraf) menghadirkan wonderspace imersif atau ruang menjelajah lima destinasi super prioritas di Indonesia yang dapat dinikmati pengunjung melalui teknologi video mapping di Stasiun Bundaran HI Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dengan adanya wonderspace imersif yang dihadirkan di Stasiun MRT Jakarta maka para pengunjung dapat melihat dan menikmati ataupun berswafoto dari keindahan lima destinasi super prioritas di Indonesia dari layar yang lebar.

“Kenapa memilih imersif? Ini targetnya Gen Z ya. Dan Gen Z ini memang yang dia ingin mendapatkan pengalaman imersif yang menggabungkan antara animasi, riil visualisasi dan musik. Musiknya ini healing banget, musik yang bisa membawa memori kita ini ke tempat-tempat yang indah,” kata Menparekraf saat meluncurkan Wonderspace, sebuah ruang imersif yang menggunakan teknologi video mapping di Jakarta, Sabtu.

Sandiaga mengatakan wonderspace imersif dihadirkan di Stasiun MRT atas kerja sama dengan MRT Jakarta, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara.

Sandiaga menyebutkan lima destinasi super prioritas yang dihadirkan di wonderspace imersif Stasiun MRT Jakarta yakni Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba dan Likupang.

“Banyak banget, lihat Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Likupang. Berasa banget ambiansnya. Malah kita masuk ke alam bawah air. Kita nemu juga ikan-ikan dan penyu. Pengalaman yang sangat menarik,” tutur Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf: Maknai nilai Pancasila dalam pengembangan pariwisata

Baca juga: Menparekraf dorong acara berkonsep berkelanjutan untuk promosi usaha


Wonderspace sebuah ruang imersif yang menggunakan teknologi video mapping serta memberikan pengalaman virtual reality yang mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman multisensori dengan memadukan audio visual dan interaktif.

“Sangat intagramable dan buat Tiktok, konten sih super keren. Dijamin masuk fyp ini kalau bikin konten Tiktok di wonderspace,” ucap Sandiaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelajahi lima destinasi pariwisata super prioritas di Wonderspace, sebuah ruang imersif yang menggunakan teknologi video mapping yang dihadirkan di Stasiun MRT Bundara HI Jakarta, Sabtu (1/6/2024). ANTARA/Harianto.

Sandiaga mengaku mendapat data dari pihak MRT Jakarta bahwa ada sekitar 10 ribu yang melintas di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Menurutnya, jika 10 persen atau 1.000 dari angka 10 ribu pelintas itu mengambil kesempatan berkunjung ke wonderspace imersif, maka bisa berkontribusi pada peningkatan wisatawan nusantara sebanyak 30 ribu. Apalagi akan menghadapi libur sekolah.

“Ini yang kita harapkan, konkret dari 30 ribu (pengunjung) itu bisa menyumbangkan antara Rp30-60 miliar rupiah. Jadi, itu perhitungan kami dalam menghadirkan kolaborasi wonderspace ini,” jelas Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dan mendukung wonderspace imersif lima destinasi super prioritas di MRT Bundaran HI.

“Apresiasi dan terima kasih Pak Menteri atas kerja sama dan kolaborasi, ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan pariwisata Indonesia,” katanya.

Wonderspace imersif lima destinasi super prioritas di Stasiun Bundaran HI dihadirkan selama sebulan mulai tanggal 1-30 Juni 2024. Para pengunjung bisa menjelajahi sejumlah destinasi wisata dan berswafoto dengan waktu yang ditentukan.

Baca juga: Menparekraf: Manfaatkan PON 2024 untuk tingkatkan pariwisata-UMKM

Baca juga: Menparekraf: Tak ada toleransi orang asing bekerja dengan visa turis


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024