Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa dirinya telah menyampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi soal harga tiket pesawat yang mahal, demi mencapai target kunjungan wisatawan nusantara.

“Dari kita sudah sampaikan ke Pak Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), jadi ini PR kita,” kata Menparekraf di sela peluncuran Wonderspace, sebuah ruang imersif yang menggunakan teknologi video mapping di Jakarta, Sabtu.

Sandiaga juga mengaku bahwa sudah merasakan mahalnya harga tiket pesawat untuk penerbangan dalam negeri.

Dia mencontohkan, ketika hendak ke Medan dari Jakarta, harga tiket pesawat begitu mahal, alhasil Sandiaga mengaku mengambil penerbangan terlebih dahulu ke Singapura, lalu lanjut ke Medan.

“Ironis ya, saya juga ngalamin kemarin pergi ke Medan lewat Singapura dulu, lebih murah,” jelas Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf hadirkan "wonderspace imersif" wisata di MRT Bundaran HI

Baca juga: Menparekraf: Maknai nilai Pancasila dalam pengembangan pariwisata


Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan meskipun harga tiket pesawat dalam kondisi yang mahal, tetapi jumlah kunjungan wisatawan di kuartal pertama tahun 2024 masih bisa tercapai. Namun, ia tidak merinci lebih jauh jumlah kunjungan di kuartal pertama.

Sandiaga menyebutkan Kemenparekraf menargetkan pergerakan kunjungan wisatawan nusantara bisa mencapai 1,5 miliar.

Namun, Sandiaga mengungkapkan apabila harga tiket tidak turun utamanya untuk penerbangan dalam negeri khususnya ke tempat-tempat wisata, maka target pergerakan kunjungan wisatawan nusantara di tahun 2025 akan disesuaikan.

“Alhamdulillah per hari ini masih tercapai target kita untuk wisatawan nusantara (per semester pertama). Tapi, kalau terus ini harganya (tiket pesawat) tidak turun, maka target (kunjungan wisatawan nusantara) tahun depan kemungkinan harus disesuaikan,” imbuh Sandiaga.

Sebelumnya, maskapai penerbangan seperti PT Garuda Indonesia yang justru berharap agar pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat meninjau ulang tarif batas atas (TBA) tiket pesawat sejalan dengan perubahan kondisi eksternal lima tahun terakhir.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan nilai tukar atau kurs (exchange rate) serta harga avtur yang fluktuatif menjadi tantangan.

Dua komponen eksternal tersebut, kata dia, memiliki pengaruh yang besar terhadap biaya (cost).

"Oleh sebab itu, kita juga lagi diskusi sama Kemenhub untuk mohon juga di-review, dilihat TBA ini. Artinya jangan TBA selama lima tahun tidak naik. Ini exchange rate dibanding lima tahun lalu berapa, harga avtur dibandingkan lima tahun lalu berapa," kata Irfan saat dijumpai wartawan di TMII, Jakarta, Minggu (12/5).

Apabila tarif batas atas tiket pesawat tidak kunjung berubah atau tidak naik sejak ditetapkan tahun 2019, Irfan khawatir semua maskapai akan menghadapi permasalahan yang serupa.

"Usulan kita lebih fleksibel terhadap kondisi eksternal. Exchange rate maupun harga avtur kan kita tidak bisa kontrol. Kita juga tidak bisa minta Pertamina untuk terus-terusan kasih diskon, bukan begitu caranya kan," kata dia.

Baca juga: Menparekraf dorong acara berkonsep berkelanjutan untuk promosi usaha

Baca juga: Menparekraf tindak tegas wisman kerja di Indonesia gunakan visa turis


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024