Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mempersiapkan pameran Jakarta Tangguh 2024, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

"Ini upaya meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, pameran ini diselenggarakan pada rangkaian HUT DKI Jakarta dan akan menampilkan berbagai macam sarana dan prasarana penanggulangan bencana, termasuk simulasi tanggap bencana yang dipraktikkan oleh tim BPBD.

Selain itu kata Yohan, ada pula atraksi mitigasi bencana, seperti penyelamatan di air (water rescue), penyelamatan dengan "flying fox", penyelamatan vertikal (vertical rescue) dan penyembuhan trauma (trauma healing).

Baca juga: Pameran Jakarta Tangguh beri edukasi kebencanaan pada warga

Tidak hanya itu, lanjut Yohan, berbagai macam sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dimiliki oleh pihak terkait di Jakarta juga akan ditampilkan.

"Edukasi warga Jakarta tentang mitigasi bencana, termasuk bagaimana melakukan pertolongan dan perlindungan diri ketika terjadi bencana," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jakarta Isnawa Adji mengatakan bahwa kegiatan pameran itu akan diselenggarakan pada 15 Juni 2024 di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.

Ia berharap melalui kegiatan itu masyarakat bisa memetik pembelajaran terkait bagaimana cara melindungi diri dan menolong orang lain ketika terjadi bencana.

Baca juga: "CMC 2024" memperkaya pengetahuan dalam penanganan bencana

"Tahun ini, kami adakan di Mal Seasons City Jakarta Barat untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang kesiapsiagaan personel BPBD dalam menghadapi bencana. Tahun lalu agenda serupa di Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur," katanya.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024