Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Jakarta kembali memuncaki klasemen sementara IBL 2024 usai mengalahkan Bima Perkasa Jogja 91-64 dalam laga lanjutan IBL di GOR UNJ Jakarta, Sabtu.

Pelita Jaya kini mengemas 17 kemenangan dari total 19 pertandingan yang telah dijalaninya, hanya selisih satu laga dengan Dewa United Banten yang baru menjalani 18 pertandingan dan sama-sama meraih 17 kemenangan.

Pelita Jaya menguasai pertandingan sejak awal. Memimpin 20 poin di babak pertama, dan menyelesaikan pertandingan dengan unggul 27 poin. Semua pemain dalam roster Pelita Jaya mendapatkan menit bermain dalam laga kali ini.

Meski Pelita Jaya tidak diperkuat beberapa pemain pilar, namun skuad inti mereka masih terlihat perkasa. James Dickey III mengemas 19 poin dan 11 rebound. Kemudian Muhammad Arighi dengan kontribusi 17 poin dengan 5 tripoin dari 6 upaya tembakan.

Lalu Jerome Anthony Beane Jr. yang kembali bermain dari cedera bisa mencetak 11 poin dan 10 rebound. Dari bangku cadangan, Anto Febryanto Boyratan menyumbang 11 poin tambahan.

Baca juga: Pelita Jaya curi kemenangan di markas Hawks 72-68
Baca juga: IBL akan sajikan dua laga besar di pekan ke-14


Pelita Jaya mencetak 60 poin di paint area, dengan 57 rebound dan 16 second chance points. Mereka memasukkan 33 poin melalui serangan balik cepat atau fast break, dan mengonversi 20 poin dari kesalahan yang dibuat lawannya, dan sempat mencapai margin tertinggi sebanyak 29 poin di laga ini.

Bima Perkasa memang mencoba bangkit di kuarter ketiga. Namun dengan jarak 27 poin, rasanya sangat berat bagi tim asuhan Predrag Lukic tersebut untuk bisa mengejar tim papan atas IBL 2024.

Bima Perkasa akhirnya menurunkan semua pemain lokal di kuarter keempat, menyusul Pelita Jaya yang juga sudah bermain dengan lima pemain lokal sejak satu menit terakhir kuarter ketiga hingga akhir laga.

Dari tim Bima Perkasa, Garrius Holloman mencetak 16 poin. Brandis Raley Ross menambahkan 13 poin, disusul Avin Kurnawan 11 poin, dan Jonathan Komagum 10 poin, 9 rebound, dan 4 assist. Bima Perkasa kini hanya mengemas 3 menang dan 16 kalah (3-16) yang membuat mereka terperosok di urutan 12 klasemen sementara.

Pada Minggu (2/7), Pelita Jaya akan berhadapan dengan Kesatria Bengawan Solo yang merupakan tim dengan 16 kemenangan beruntun. Ini akan jadi pertandingan yang sengit, mengingat kedua tim akan bertemu untuk pertama kalinya di IBL 2024.

Baca juga: Satria Muda cetak empat kemenangan beruntun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024