Jakarta (ANTARA) - Sub Holding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggelar program penanaman 1.000 bibit mangrove di kawasan pesisir pantai Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dalam rangka menjaga ekosistem pantai sekaligus memperingati Hari Keanekaragaman Hayati.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengungkapkan tantangan masyarakat pesisir Jakarta saat ini adalah tingkat abrasi yang semakin tinggi.

"Kenaikan debit air pada kawasan pesisir pantai yang lambat laun akan menyebabkan rumah penduduk sekitar dapat terendam air laut," katanya.

Kegiatan yang merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan ini bertujuan melestarikan alam dan lingkungan dalam menjaga ekosistem serta menyelamatkan pantai dari abrasi air laut. Langkah ini sekaligus mengurangi emisi karbon.

"Oleh karena itu, kami selaku BUMN ingin memberikan dampak langsung kepada masyarakat. PLN EPI bukan hanya bertugas menjaga rantai pasok energi primer untuk aliran listrik andal saja, tetapi juga turut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan," kata Iwan.

Dengan pantai yang memiliki banyak mangrove, lanjut Iwan Agung, tentunya menjadi sarana penyimpan karbon, penyerap polutan dan akan membuat biota pantai makin marak setelah mangrove semakin banyak tentunya bisa menjadi tempat wisata konservasi yang bisa mendatangkan pendapatan untuk warga.

Pantai Marunda cukup dekat letaknya dengan PLTU Muara Tawar dimana PLN EPI menjadi pemasok bahan bakar pembangkit di sana. Untuk itu, penanaman ini merupakan komitmen PLN EPI dalam menjaga lingkungan.

“PLN EPI dalam menjalankan bisnis penyediaan energi primer akan selalu mengedepankan Environmental, Social, dan Corporate Governance (ESG) dan konsisten melaksanakan Sustainable Developement Goals atau SDGs," tutup Iwan.

Baca juga: Perkuat inovasi CSR, PLN EPI raih penghargaan TOP CSR Awards 2024
Baca juga: PLN EPI jalankan sistem manajemen kepatuhan dan anti penyuapan
Baca juga: Inovasi penyediaan energi, PLN EPI raih penghargaan Listrik Indonesia

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024