Jakarta (ANTARA) -
Duta Besar (Dubes) RI untuk Vietnam, Denny Abdi, yakin tim bola basket pelajar putra Indonesia akan mampu masuk final ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam, usai mengalahkan Thailand dengan skor 83-66.
 
Ia mengapresiasi dan merasa bangga kepada para atlet pelajar tersebut yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di pentas internasional.
 
"Mudah-mudahan terus lanjut sampai final, insya Allah dapat emas," kata Denny dalam laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.
 
Ia mengungkapkan, sengaja jauh-jauh datang dari Hanoi bersama keluarganya untuk memberikan dukungan kepada skuad Merah Putih.
 
"Tidak sia-sia saya jauh-jauh dari Hanoi untuk mendukung tim Indonesia ke sini. Yang lebih membanggakan mereka ini masih muda dan masih pelajar, jadi masa depannya masih panjang," ujar dia.

Baca juga: Kalah dari Vietnam tak padamkan semangat Tim Basket Putri di ASG 2024
 
Selain mengapresiasi perjuangan tim atlet pelajar tersebut, Denny juga turut senang melihat dukungan penuh semangat yang dilakukan para orang tua yang menyaksikan langsung pertandingan itu.
 
Dalam laga versus Thailand, Indonesia sempat kewalahan untuk menaklukkan permainan lawan.
 
Kejar-kejaran skor sempat terjadi beberapa kali sejak kuarter pertama hingga keempat.
 
Namun, permainan cepat yang dilakukan oleh Justin Patrick Alex dan kawan-kawan, serta pertahanan yang solid, sulit dibendung oleh Thailand sehingga harus menelan pil pahit kekalahan.
 
Laga tersebut merupakan pertandingan terakhir di fase penyisihan Grup A. Indonesia akan mendampingi juara grup, Filipina, di babak semifinal.
 
Pada laga semi final yang dijadwalkan Rabu (5/6), Indonesia berhadapan dengan Singapura yang telah berhasil menyisihkan tuan rumah Vietnam dengan skor tipis 80-78 dalam laga terakhir Grup B.

Baca juga: Kalahkan Thailand, tim basket Indonesia tembus semifinal ASG

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024