Jakarta (ANTARA) -
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya itu menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, setelah kader yang sebelumnya disiapkan yakni Budisatrio Djiwandono memutuskan tidak maju.
 
Dia mengatakan bahwa Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia menilai partai-partai lain pun akan senada dalam hal mendukung Ridwan Kamil.
 
"Bahwa soal posisinya Kang Emil, itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.
 
Di samping itu, dia menjelaskan sebelumnya dukungan terhadap Budisatrio Djiwandono untuk maju di Pilkada Jakarta berdasarkan aspirasi-aspirasi yang ada. Namun menurutnya Budisatrio telah menyatakan diri kepada pimpinan partai bahwa akan tetap fokus menjadi legislator di DPR RI.
 
Selain itu, dia mengaku unggahan foto pasangan Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta melalui akun Instagram pribadinya merupakan bagian dari politik "test water".
 
Namun dengan pernyataan Budisatrio itu, menurutnya Gerindra menyiapkan kader internal lainnya di Pilkada Jakarta. Selain itu, menurutnya Gerindra pun tetap mendukung Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta, meski sosok berasal dari Partai Golkar.
 
Di samping itu, dia menyampaikan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun telah bertemu dengan Ridwan Kamil beberapa waktu lalu. Menurutnya ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Terutama dari sisi planologi, sehingga dari diskusi-diskusi tersebut kemudian banyak hal yang Prabowo serap untuk pembangunan IKN ke depan," kata dia.

Baca juga: KPU DKI: Dharma Pongrekun-Kun belum penuhi syarat dukungan Pilgub
Baca juga: Ridwan Kamil: Golkar masih bahas sosok yang maju di Pilkada DKI
Baca juga: Pilgub DKI, seluruh elemen diminta miliki kesadaran tertibkan APK

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024