Makassar (ANTARA) - Jamaah Calon Haji (JCH) dari berbagai kabupaten/kota di dua provinsi yakni Sulawesi Selatan dan Maluku diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Ikbal Ismail di Makassar, Selasa mengatakan, ada 450 calon haji yang diberangkatkan pada Selasa  tergabung di kelompok terbang (kloter) 32 dan semuanya lengkap.

"Untuk hari ini ada kloter 32 itu lengkap. Jamaahnya dari berbagai kabupaten dan kota di dua provinsi," ujarnya.

Jamaah calon haji yang diterbangkan ke Arab Saudi berasal dari Kota Makassar sebanyak 36 orang, Kabupaten Wajo 224 orang, Kabupaten Sidrap 5 orang dan dari Maluku sebanyak 178 orang.

Para JCH itu kemudian ditambah ketua kloter sebanyak 1 orang, pembimbing ibadah 1 orang, tenaga kesehatan haji (TKH) 1 orang, perawat 2 orang, petugas haji daerah (PHD) 4 orang.

Ikbal Ismail yang juga Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel itu menyatakan jika kloter 32 ini adalah calon haji gabungan setelah kloter sebelumnya memberangkatkan JCH tunggal dari daerah masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Muhammad Tonang juga mengungkapkan adanya penambahan kuota haji untuk Sulawesi Selatan dari kuota normal 7.272 calon haji menjadi 7.884 calon haji

Ia menyebut penambahan kuota haji itu berasal dari tambahan kuota 468 calon haji, optimalisasi kuota 64 dan selisih mutasi sebanyak 80 calon haji.

Adapun total keseluruhan jamaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar dari 8 provinsi sebanyak 16.669, dengan rincian 16.343, Petugas Haji Daerah (PHD) 121 orang dan PPIH Kloter 205 petugas.
Baca juga: Kemenag Sulsel ancam cabut izin travel berangkatkan CJH ilegal
Baca juga: Kemenag Sulsel benarkan 37 calon haji Makassar ditangkap di Madinah

Baca juga: Pesawat bermasalah, JCH embarkasi Makassar dipulangkan ke asrama 

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2024