Bandung (ANTARA) - Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat yakni Bank BJB, Jamkrida Jabar dan Migas Utama Jabar mengguyur klub Persib yang menjadi kampiun Liga 1 musim 2023/2024 dengan uang "kadedeuh" senilai total Rp500 juta di Gedung Sate Bandung, Selasa.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan, kadedeuh bagi Maung Bandung murni atas inisiatif BUMD, atas perjuangan para pemain yang telah mengharumkan nama Kota Bandung di kancah sepakbola.

"Saya sampaikan, tidak memaksa dan tidak melarang. Silakan sesuai aturan berlaku, dan sesuai dengan kemampuan jangan sampai kemudian hari ada masalah karena kekecilan harus besar," ujar Bey Machmudin usai acara bertajuk Kadedeuh untuk Persib Juara Liga 1 2023/2024.

Momen ini lanjut dia, juga menjadi harapan kepada BUMD, untuk membuka peluang bagi para pemain, memberikan bantuan supaya ketika pensiun tetap memiliki penghasilan.

"Saya meminta BUMD untuk membantu, menawarkan. Kita sering mendengar pemain bola, bulutangkis atau apapun yang saat usia 40-50 mulai (kesulitan). Seperti BJB punya beberapa program, mungkin bisa. Itu pun kalau mereka (pemain) mau. Setidaknya dibekali ilmu," ucapnya.

Dimana harapannya, sebagian penghasilan para pemain dapat diolah menjadi usaha supaya kehidupan mereka di usia tua, usai gantung sepatu masih tetap terjamin.

Dalam kesempatan ini juga, Bey mengharapkan bisa menjadi daya dorong bagi sepak terjang Persib Bandung di kancah internasional, usai menjuarai Liga 1 musim 2023/2024.

Terdekat, Persib Bandung akan mengikuti babak playoff AFC Championship League Two, kompetisi bergengsi antarklub terbaik kasta kedua Asia.

"Selamat untuk Persib, kami menunggu di prestasi tingkat Asia," ujar Bey.

Baca juga: Bey berpesan pemain Persib jangan sampai merana usai gantung sepatu

Bey mengharapkan Persib bisa dengan militan mencetak prestasi yang baik, karena bila mampu berprestasi jauh di kancah internasional, akan menjadikan Persib Bandung tim pertama di Indonesia, yang mencatatkan prestasi.

"Persib berkiprah di tingkat selanjutnya, mungkin jadi tim pertama yang berhasil dari Indonesia," ucapnya.

Manajer Persib Umuh Muchtar menilai kadedeuh sebesar Rp500 juta yang diterima Persib Bandung merupakan bentuk nyaah (sayang) dan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan BUMD Jabar pada para pemain Persib.

"Kadedeuh, kanyaah nyaah kepada pemain. Apalagi Persib juara, itu wajar. Kami sangat senang, tidak lihat nilai. Tapi dari Pak Gubernur, dari BUMD. Ini sangat senang. Berapapun itu tandanya kadedeuh peduli," ujarnya.

Diketahui, Persib Bandung ditasbihkan menjadi juara Liga 1 musim 2023/2024, usai sukses menumbangkan Madura United di Championship Series Liga 1 2023/2024.

Dimana pada leg 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Maung Bandung berhasil menang telak 3-0 dan pada leg 2 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, dengan skor 3-1.

Baca juga: Puluhan ribu Bobotoh sambut Persib Bandung juara Liga 1

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024