Sorong, Papua Barat Daya (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu, setelah merampungkan serangkaian kegiatan di Wamena, Papua Pegunungan.

Sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Wapres, Wapres  bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas tiba di Bandar Udara Domine Eduar Osok, Sorong, pada Rabu pukul 13.45 WIT menggunakan Pesawat Hercules TNI AU berkapasitas 40 orang.

Kedatangan Wapres disambut Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad beserta Ibu Andar Mohammad Musa'ad dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Papua Barat Daya beserta masing-masing pendamping.

Kedatangan Wapres dan Ibu Wury Ma'ruf Amin juga disuguhi penampilan tarian penyambutan tamu kehormatan.

Pada pukul 14.00 WIT, Wapres Ma'ruf beranjak menuju salah satu hotel di Kota Sorong dengan berkendara mobil.

Baca juga: Wapres: Pembangunan di Papua Pegunungan berbasis pada konteks wilayah
Baca juga: Wapres minta alokasi anggaran di Papua jadi pembangunan berwujud nyata


Kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke tanah Papua ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat untuk mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat, serta memantau langsung perkembangan pembangunan di wilayah tersebut.

Sejumlah agenda kerja yang dilakukan Wapres Ma'ruf di Sorong pada Rabu ini, yaitu audiensi dan penyerahan bantuan beasiswa kepada IAIN Sorong, Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua, dan Universitas Cenderawasih.

Selain itu, Wapres Ma'ruf juga akan menghadiri acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Papua Barat Daya, berkunjung ke permukiman nelayan Malawei untuk meninjau serta menyerahkan bantuan paket logistik keluarga, dan mengikuti acara pengukuhan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP).

Turut mendampingi Wapres Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerja ke Sorong, yaitu Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, PIh. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Setwapres Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Setwapres Sapto Hardjono, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Stafsus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, serta Stafsus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.

Baca juga: Wapres harap masyarakat di Papua jaga situasi kondusif jelang pilkada
Baca juga: Wapres serap aspirasi dari tokoh masyarakat Papua Selatan


Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024