Jakarta (ANTARA) - Dokter pendamping atlet dari Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan bahwa air mineral yang berkualitas dapat membantu menjaga performa atlet baik selama latihan maupun bertanding.

“Para atlet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral dengan kandungan mineral yang berkualitas, sehingga akan sangat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular serta kinerja otot selama aktivitas fisik yang memerlukan intensitas tinggi,” kata dokter yang bertugas di bidang kesehatan PBSI dr. Tjahyadi Soegiono dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Tjahyadi menuturkan air mineral yang mengandung mineral berkualitas dapat membantu cairan tubuh yang hilang cepat terganti dan membuat tubuh atlet dapat tetap bugar untuk jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga: Le Minerale terpilih jadi penyedia air mineral Indonesia Open 2024

Baca juga: IDI dan Le Minerale edukasi masyarakat tentang pentingnya air mineral


Selain membantu tubuh tetap terhidrasi, air mineral yang berkualitas juga berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular dan kinerja otot selama aktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Dengan demikian, para atlet dapat menjaga performa puncak mereka hingga akhir pertandingan serta terhindar dari insiden sulit rekondisi (recovery) apabila mengalami kesakitan.

“Dehidrasi sendiri akan dapat menyebabkan gangguan salah satunya pada fungsi otak, seperti kesulitan berkonsentrasi, penurunan memori dan gangguan mood. Sedangkan untuk metabolisme tubuh, yang paling sering adalah menyebabkan terjadinya kram otot pada atlet dan sulit untuk recovery,” kata dia.

Baca juga: Pentingnya kualitas air mineral bagi Taufik Hidayat

Dalam kesempatan itu, ia turut mengatakan bahwa dalam waktu dekat, atlet pebulu tangkis Indonesia sedang mengikuti turnamen bulu tangkis, Indonesia Open 2024, yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 4-9 Juni.

Pada acara tersebut, para penikmat bulutangkis akan menyaksikan penampilan terbaik para pebulutangkis kelas dunia di kejuaraan paling bergengsi. Berbagai pertandingan seru yang tersaji sejak babak awal dipastikan akan menguras stamina dan kebugaran atlet di arena pertandingan.

Baca juga: Hidrasi dan mineral cukup penting saat lari marathon di cuaca panas

Baca juga: Jakarta Marathon 2023 janjikan pengalaman baru berlari jarak jauh


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024