Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menilai kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam pencanangan program strategis nasional di Provinsi Papua Pegunungan dapat memberikan spirit kepada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Pegunungan.

"Kehadiran Bapak Wakil Presiden di Papua Pegunungan ini akan memberikan spirit buat teman-teman untuk percepatan pembangunan, lebih khusus untuk 'praspem' (prasarana pemerintahan)," kata Wempi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal ini mengingat kedatangan Wapres di Provinsi Papua Pegunungan merupakan kali pertama setelah disahkan-nya Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Meski banyak yang mengatakan kondisi geografis di Papua Pegunungan lebih susah, Wempi percaya jajaran Pemprov Papua Pegunungan memiliki semangat luar biasa.

Selain itu, Ketua Tim Asistensi Percepatan Pembangunan 4 Daerah Otonom Baru (DOB) Papua ini menjelaskan pencanangan yang dilakukan oleh Wapres Ma'ruf dapat memacu sinergi antara pemerintah pusat dan Pemprov Papua Pegunungan dalam mempercepat pembangunan.

"Lebih khusus konektivitas jalan dari Jayapura ke Wamena, jadi kita tidak terus juga bergantung dengan pesawat," ujarnya.

Pihaknya bakal terus mendampingi proses pembangunan di 4 DOB Papua termasuk Papua Pegunungan.

Baca juga: Wapres: Pembangunan di Papua Pegunungan berbasis pada konteks wilayah

Baca juga: Wapres ke Sorong hadiri pengukuhan KDEKS hingga tinjau hunian nelayan

Baca juga: Wapres minta alokasi anggaran di Papua jadi pembangunan berwujud nyata


"Mudah-mudahan harapan kami ke depan akan lebih baik, sesuai dengan moto di Kabupaten (Jayawijaya) ini 'Hari Esok Harus Lebih Baik dari Hari Ini' bisa kita wujudkan," jelas Wempi.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin dalam mengatakan pencanangan program strategis nasional itu meliputi perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Wamena dan pembangunan jalan nasional Trans Papua Wamena-Jayapura.

Kemudian pencanangan program strategis Provinsi Papua Pegunungan, di antaranya pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan, kawasan sentra pangan Kabupaten Jayawijaya, program ketenagalistrikan di Kabupaten Lanny Jaya, serta sistem pengolahan air minum di Kabupaten Jayawijaya.

"Saya berharap program-program yang akan saya canangkan hari ini berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan," ungkap Ma'ruf.

Sebagai informasi, pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wapres Ma'ruf Amin di Gedung Aithousa Betlehem Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Rabu. Dalam kunjungannya itu, Wapres ditemani sang istri, Wury Ma'ruf Amin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Provinsi Papua Pegunungan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Pegunungan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan pihak terkait lainnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024