Jakarta (ANTARA) - PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI) melakukan program River Clean Up atau aksi bersih dan konservasi Sungai Ciliwung, bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok, Jawa Barat serta Yayasan Sahabat Ciliwung.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI, Mamit Setiawan dalam keterangan di Jakarta, Rabu mengatakan aksi bersih Sungai Ciliwung merupakan bagian dari Program Green Employee Involvement PLN Grup yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk PLN EPI sendiri kegiatan ini dilaksanakan oleh 50 pegawai.

Green Employee Involvement merupakan wadah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pegawai PLN dengan menjadi relawan aktif dalam berbagai program sosial dan lingkungan perusahaan. Diharapkan pegawai dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat agar lebih memperhatikan lingkungan,” tutur Mamit.

Kegiatan River Clean Up Ciliwung pada Rabu (5/6) yang bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024, diawali dengan susur Sungai Ciliwung dari Beji Depok sampai ke daerah Jagakarsa Jakarta Selatan. Sebanyak 139 kilogram sampah berhasil dikumpulkan dari pinggir dan sepanjang susur sungai sejauh 5 km.

Selain pembersihan sampah, sebanyak 100 pohon buah ditanam di sisi Sungai Ciliwung. Pohon buah yang ditanam terdiri dari mangga, rambutan, jeruk, jambu biji, jambu air, dan kecapi dengan rata-rata tinggi 1,5 - 3 meter yang bertujuan untuk mencegah abrasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Selain itu, disebarkan 1.000 benih ikan tawes ke Sungai Ciliwung. Ikan tawes selain bisa dikonsumsi juga menjadi indikator kesehatan sungai.

Mamit Setiawan mengatakan PLN EPI berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyelamatan sungai dan mata air sehingga dapat mengurangi zat pencemar sungai.

"Ini juga untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar Ciliwung,” kata Mamit Setiawan menambahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok diwakili oleh Sekdis LHK Depok, Ridwan menjelaskan kontribusi masyarakat sangat penting dalam menjaga Sungai Ciliwung karena lingkungan yang bersih harus didukung oleh masyarakat yang peduli lingkungan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat turut serta dalam menjaga lingkungan karena sebesar apapun anggaran yang disediakan pemerintah, tanpa adanya kontribusi dari masyarakat akan terasa sulit," jelas Ridwan.

Baca juga: Jaga ekosistem pantai, PLN EPI tanam 1.000 bibit mangrove di Marunda




Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane diwakili oleh PPK OPSDA 2 Ciliwung Cisadane, Nurul Hamid mengungkapkan kegiatan yang dilakukan PLN EPI bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini memberikan dampak langsung kepada masyarakat sekitar Sungai Ciliwung yang menjadi simbol peradaban umat manusia khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan sungai Ciliwung yang bersih, sehat, indah, hijau, dan asri sehingga nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," tutup Hamid.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024