Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta diakui sebagai kota yang tegas dalam aksi lingkungan dan transparan di tengah situasi ekonomi global yang menantang dan hal ini terwujud melalui penghargaan Aksi Iklim Kota (Carbon Disclosure Project A List 2023).

Pernyataan ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati yang mewakili Pemprov DKI Jakarta saat menerima penghargaan "Carbon Disclosure Project (CDP) A List 2023" dalam pertemuan "World Cities Summit 2024" di Singapura, seperti dalam keterangannya, Rabu.

"CDP A List" merupakan sebuah penghargaan kepada kelompok kota yang telah menerima skor tertinggi atas transparansi dan aksi iklim yang tegas serta merayakan pencapaian, visi dan komitmen dalam memerangi perubahan iklim.

Jakarta menjadi satu-satunya perwakilan kota atau daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini.

"Jakarta meraih Skor A, yang merupakan skor tertinggi dalam pelaporan pelaksanaan Aksi Iklim Kota 2023 melalui platform CDP-ICLEI (International Council for Local Environmental Initiatives)," kata Sri.

Baca juga: Jakpus gencarkan program kampung iklim guna atasi persoalan lingkungan
Baca juga: DKI raih sejumlah penghargaan pada Program Kampung Iklim


Menurut Sri, kota-kota yang mendapatkan skor A dinilai telah membangun momentum iklim, melakukan tindakan mitigasi dan adaptasi iklim empat kali lebih banyak dibandingkan kota-kota yang tidak termasuk dalam daftar penerima Skor A.

Melalui penghargaan ini, Jakarta dapat menunjukkan komitmennya dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan yang bersahabat dengan iklim.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Jakarta yang telah berperan dalam menjadikan kota ini lebih hijau dan berkelanjutan.

"Mari bersama-sama kita tingkatkan kepedulian dalam memerangi krisis iklim dan berkontribusi lebih banyak lagi untuk masa depan bumi kita," katanya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024