Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat pada Rabu melakukan donor darah di Polres setempat untuk memenuhi target pengumpulan 4.000 kantong darah pada Juni 2024.

Ketua PMI Jakarta Barat (Jakbar) Beky Mardani menyebutkan bahwa pihaknya secara rutin melakukan kegiatan donor darah di Polres Metro Jakbar.

"Kalau Polres Jakbar itu rutin ya, 'request' ke kita untuk donor darah, biasanya dalam rangka Hari Bhayangkara," kata Beky saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

Setiap bulan, pihaknya dapat mengumpulkan 3.000 hingga 4.000 kantong darah dengan satu kantong berisi 350 cc atau 350 milliliter darah.

"Sebulan itu biasanya kita 3.000 sampai 4.000 kantong. Itu donor dari instansi-instansi, ormas-ormas atau masyarakat umum. Sampai hari ini sudah ada sekitar 375 kantong yang terkumpul," kata Beky.

Baca juga: PMI distribusi bantuan logistik kepada korban kebakaran di Jakbar
Baca juga: PMI Jakbar gelar donor darah untuk peringati Hari Buruh


Adapun kebutuhan darah wilayah Jakarta Barat, kata Beky, sekitar 120 kantong setiap harinya. "Jadi kalau sebulan itu sekitar 3.600 kantonglah," kata Beky.

Perwira Urusan Subseksi Kesehatan Kepolisian (Paursubsi Kespol) Seksi Kedokteran Kesehatan (Sidokkes) Polres Metro Jakarta Barat, Penda Risdalina menyebutkan bahwa dari 126 anggota yang mendaftar sebagai pendonor, hanya 100 orang yang memenuhi persyaratan. "Alhamdulillah, target hari ini sudah terpenuhi, 100 kantong darah dalam rangka bakti kesehatan menyambut Hari Bhayangkara," kata Risdalina.

Menurut dia, kegiatan itu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran personel akan pentingnya donor darah.

"Polres Metro Jakarta Barat berharap dapat berkontribusi dukung pelayanan kesehatan masyarakat," kata Risdalina.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024