Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau seluruh jamaah Indonesia di Tanah Suci, Arab Saudi, agar menyiapkan dan menjaga fisik mereka menuju puncak haji di Arafah.

"Jadi kami ingatkan semua jamaah haji untuk siap fisiknya, makan cukup, cairan tidak boleh kurang, dan siap air. Tentunya ibadah juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup," kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sekaligus Amirul Hajj Kemenag RI Muhammad Aqil Irham, di Asrama Haji Bandarlampung, Rabu.

Dia pun mengatakan bahwa Kemenag juga telah melakukan antisipasi dan mitigasi apabila terdapat kejadian yang tidak diinginkan saat puncak haji, yang kondisinya akan cukup panas di Arab Saudi.

Baca juga: PPIH bertemu Masyariq bahas persiapan puncak haji

"Jadi memang jamaah haji juga agar lebih mempersiapkan, apalagi dengan kondisi yang cukup panas saat puncak haji," kata dia.

Aqil pun mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan haji tahun ini, yang berjalan lancar sampai saat ini.

"Semua karena kesigapan seluruh petugas haji. Antara satu dan lain selalu intensif komunikasi dan koordinasi, bahkan selalu memantau dan mengevaluasi layanan kepada jamaah calon haji tiap harinya agar semua berjalan dengan baik," kata dia.

Baca juga: PP Persis: Haji dengan skema lewati Muzdalifah tanpa turun tetap sah

Aqil pun mengungkapkan bahwa tagline pelaksanaan haji tahun 2024 masih sama seperti tahun lalu, yakni Haji Ramah Lansia (lanjut usia) yang menjadi prioritas untuk dilayani.

"Karena ada 49 ribu lebih calon haji lansia tahun ini dan lima orang yang di atas usai 100 tahun. Jadi kami minta seluruh petugas kelompok terbang (kloter) untuk bisa memantau dan berkoordinasi dengan petugas lain di Makkah serta Madinah," kata Aqil.

Baca juga: Safari Wukuf bagi Lansia disiapkan jelang puncak haji
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024