Banjarbaru (ANTARA) - Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) membersihkan kawasan Wisata Air Santri Martapura Kabupaten Banjar saat Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Rabu, mengatakan kegiatan kebersihan tersebut merupakan bagian Employee Volunteering Program (EVP) PLN bertema Green Employee Involvement yang diikuti ratusan relawan PLN UID Kalselteng, ASN Pemkab Banjar serta Forkopimda Banjar.

Para peserta melakukan aksi peduli lingkungan itu pada salah satu pusat keramaian masyarakat, kawasan sentra UMKM, dan Wisata Air Santri Martapura, Kelurahan Murung Kenanga, Kabupaten Banjar.

"Jumlah pegawai PLN yang terlibat dalam aksi bersih-bersih dan olah sampah sebanyak 150 orang mulai dari kantor induk, unit pelaksana hingga unit layanan. Harapannya, pegawai menjadi influencer bagi masyarakat sehingga lebih peduli terhadap lingkungan," ujar Joharifin.

Baca juga: PLN Kalselteng menyalurkan 1.250 pakaian bagi warga penerima manfaat

Menurut dia, PLN UID Kalselteng berkolaborasi dengan Pemkab Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, Dinas Lingkungan Hidup, dan Forkopimda Banjar serta Bank Sampah Sekumpul yang merupakan binaan PLN UID Kalselteng sejak 2019 untuk mensukseskan kegiatan itu.

"Hasil kegiatan mengumpulkan 270 kilogram sampah yang akan dipilah dan diolah bekerja sama dengan Bank Sampah Sekumpul sehingga dapat didaur ulang menjadi barang berdaya guna yang memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat," ucapnya.

Joharifin menambahkan, kegiatan Employee Volunteering Program adalah agenda rutin PLN yang selalu berkolaborasi dengan pihak terkait demi peningkatan kualitas iklim menjadi lebih baik.

Baca juga: PLN EPI lakukan aksi bersih sampah dan konservasi Sungai Ciliwung

"Aksi Green Employee Involvement memiliki tujuan mulia, selain untuk mengatasi persoalan sampah dan lingkungan, juga dapat menambah value untuk masyarakat di sekitar dengan turut merasakan dampak peningkatan ekonomi," tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kencana Kabupaten Banjar Wati yang mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur mengapresiasi inisiatif PLN UID Kalselteng yang menunjukkan komitmen bersama menjaga dan melestarikan lingkungan, serta membangun kesadaran kolektif terhadap lingkungan yang sehat dan bersih.

"Kami bersyukur dapat hadir di tengah-tengah pegawai PLN serta seluruh peserta yang jumlahnya ratusan orang dengan bersemangat untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

Baca juga: PLN libatkan komunitas bersihkan Sungai Kapuas di Kampung Caping

Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Al Ikhwan Kenanga Khairuddin selaku pengelola kawasan Wisata Air Santri Murung Kenanga juga mengapresiasi kegiatan yang difasilitasi PLN UID Kalselteng tersebut.

"Kami sangat senang dan bersyukur dipilihnya Murung Kenanga sebagai lokasi bersih-bersih lingkungan. Selain meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, juga dapat lebih mengenalkan kawasan Wisata Air Santri kepada masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024