Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Mantan pembalap MotoGP Danilo Petrucci menjadi instruktur pada Ducati Riding Experience yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), 7-9 Juni.

"Ducati Riding Experience di Sirkuit Mandalika ini dipandu Danilo Petrucci bersama pembalap Ducati lainnya," kata Chief Executive Officer (CEO) Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto saat konferensi pers di Sirkuit Mandalika, Lombok, Kamis.

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat para konsumen Ducati, sehingga mereka bisa lebih maksimal dalam menggunakan motor Ducati.

"Bagaimana pengendara yang tidak bisa menjadi bisa dalam menggunakan motor Ducati secara maksimal atau paling aman," katanya.

Ia mengatakan Sirkuit Mandalika dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan karena sirkuit tersebut adalah sirkuit baru sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi pencinta motor Ducati.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung promosi pariwisata di Indonesia khususnya Lombok.

Ia mengatakan jumlah peserta kegiatan ini mencapai 280 orang dari sejumlah negara di Asia Pasifik dan jumlah motor yang disiapkan itu sebanyak 36 unit.

"Melalui kegiatan ini, para Ducatista akan mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari instruktur-instruktur profesional serta mendapatkan pengalaman mengendarai Panigale V4 S di sirkuit," katanya.

Baca juga: Sirkuit Mandalika lokasi Ducati Riding Experience 2024

Sementara itu, Danilo Petrucci mengatakan tidak memiliki persiapan khusus untuk menjadi instruktur, namun kegiatan tersebut merupakan kesempatan bagus untuk bisa beradaptasi dengan Sirkuit Mandalika.

"Sirkuit ini paling saya senangi, hanya panas. Namun, cuaca itu menjadi tantangan bagi para pembalap," katanya.

Dirinya akan mengajarkan kepada para peserta bagaimana cara menggunakan motor Ducati agar lebih nyaman dan bisa maksimal di lintasan.

"Posisi berkendara itu penting, sehingga motor bisa cepat," katanya.

Petrucci akan bernostalgia bersama motor balap Ducati yang pernah membawanya membukukan kemenangannya di Le Mans. Desmosedici GP20 dipakai oleh Ducati Factory Team pada musim 2020.

Baca juga: Sekuya luncurkan mobil balap anime untuk kenalkan Sirkuit Mandalika
Baca juga: MGPA tambah putaran balap motor Pertamina MRS jadi lima kali


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024