Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) hingga saat ini telah memeriksa kondisi 4.825 hewan kurban di daerah itu untuk memastikan kelayakan sekaligus kesehatannya menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.
 
"Dari sejumlah 10 kecamatan di Jakarta Selatan sebanyak 45 titik kita periksa dengan total 4.825 ekor," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok saat ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Hasudungan merinci ribuan hewan kurban tersebut terdiri dari 2.343 ekor sapi, empat ekor kerbau, 2.302 kambing dan 176 ekor domba.

Adapun tahapan dalam pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kelayakan tempat penampungan, administrasi perizinan, pemeriksaan kesehatan hingga umur hewan kurban.
 
Dari pemeriksaan yang dilakukan sejak 17 Mei hingga 4 Juni 2024 itu, ditemukan sapi yang sakit lantaran stres di perjalanan.

Baca juga: Pelanggan daging Dharma Jaya disarankan bawa kemasan ramah lingkungan
 
"Sapi itu sudah diobati dan kondisi sudah membaik," ujarnya.
 
Dengan demikian, terdata hingga kini ribuan hewan kurban tersebut dinyatakan sehat, halal dan sesuai dengan syariat Islam.
 
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan terus mengupayakan pengawasan di tempat penampungan dan penjualan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan Idul Adha 2024.
 
Pihaknya melaksanakan kegiatan pemeriksaan tempat penampungan hewan ini sampai hari H perayaan Idul Adha.
 
Dipastikan juga, adanya surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal dan menempelkan stiker status kesehatan hewan kurban tersebut.

Baca juga: Jakbar bagikan 50 terpal untuk panitia penyembelihan hewan kurban

Selain itu, diimbau juga untuk ramah lingkungan dengan menggunakan kemasan seperti bongsang hingga tas plastik terbuat dari kulit singkong yang juga ramah lingkungan karena mudah terurai.
 
​​​​​​Dinas KPKP DKI sudah memastikan kesehatan 10.800 ekor hewan yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba di 119 lokasi penampungan di Jakarta sehingga terpenuhi secara syariat Islam.
 
Momentum Idul Adha 1445 Hijriah ini pihaknya mengerahkan 100 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang disebar di wilayah DKI Jakarta.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024