Serang (ANTARA) - Dompet Dhuafa (DD) memberdayakan pramukantor jadi peternak plasma di Jalupang, Lebak, Banten, agar menjadi pribadi tangguh dan bertekad selalu ingin belajar untuk sukses.

Iwan, mantan pramukantor bersahaja asal Jalupang, Lebak, Banten, mulai berkiprah di peternakan kambing kurban dari dua tahun lalu.

“Awalnya saya bekerja sebagai pramukantor di Jakarta, namun tekad dan keinginan saya untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan warga sekitar terpecut kala bergabung di Umar Usman (UU) Dompet Dhuafa," ucapnya di Jalupang, Kamis.

Awalnya dia mengelola UU Farm yang akhirnya bekerjasama dengan DD Farm dan secara bertahap membangun perekonomian masyarakat melalui manajemen peternakan.

“Alhamdulillah, saat ini sudah ada 70 ekor domba yang berhasil kami kembangkan. Target tercepat adalah pemenuhan kurban untuk wilayah-wilayah yang masih kekurangan daging," kata Iwan.

Baca juga: Dompet Dhuafa kembangkan udang vaname majukan petambak tradisional
Baca juga: Dompet Dhuafa pastikan kurban penuhi 3 Pasti sambut Idul Adha 1445 H


Dengan adanya pendampingan dari DD Banten, para penerima manfaat seperti Iwan dan kawan-kawan dapat meminimalisir dampak maupun kerugian yang ditimbulkan.

Hal itu sangat wajar bagi peternak tradisional dan pemula. Binatang ternak rawan kematian karena berbagai faktor seperti cuaca, virus hingga penyakit lainnya. Tidak hanya itu, bahkan stres bisa membawa ternak pada kematian.

“Kami mengembangkan plasma di Jalupang untuk mendorong pemerataan konsumsi daging di wilayah ini. Di momentum kurban, masyarakat di wilayah ini jauh dari hiruk pikuk penyembelihan kurban. Jika pun ada hanya satu ekor dan dibagikan ke ratusan kepala keluarga," ujar Mokhlas Pidono selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial dan sudah berjalan lebih tiga dekade (30 tahun).

DD menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.*

Baca juga: DD kembangkan peternakan kurban neo plasma dorong ekonomi rakyat kecil
Baca juga: Dompet Dhuafa akan kirim daging kurban dalam kaleng ke Palestina

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024