Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey mengharapkan pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Inggris-Indonesia, Indonesia dapat semakin popular dan dikenal masyarakat Britania Raya.

Ditemui usai acara perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Raja Charles III di Jakarta, Dubes Jermey mengakui kerja sama Inggris-Indonesia yang amat produktif telah terjalin di berbagai bidang, seperti ekonomi dan investasi serta kebudayaan dan pendidikan.

“Namun, jika ada satu hal yang dapat saya ubah dalam 75 tahun mendatang, saya ingin Indonesia jadi semakin dikenal di Inggris,” ucap Jermey pada Kamis (6/6) malam.

Untuk itu, ia mengajak semakin banyak warga Indonesia untuk menjangkau pasar Inggris dengan membuka usaha di bidang apapun yang mereka lakoni di negeri itu.

Ia menyoroti sektor kuliner sebagai salah satu bidang usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Indonesia di Inggris, mengingat makanan Indonesia begitu lezat dan cukup diminati oleh warga setempat.

“Kuliner Indonesia enak sekali! Enak banget!” ucap Jermey dengan Bahasa Indonesianya yang cukup fasih.

Baca juga: Inggris-Indonesia pererat kerja sama pendidikan dan ekonomi kreatif

Jermey juga meyakini keterlibatan masyarakat Indonesia dalam sektor bisnis kuliner di Inggris akan memacu pertukaran budaya antara kedua negara. Apalagi, ucapnya, orang Inggris sangat tertarik dan "membutuhkan" makanan dan kebudayaan Indonesia.

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta tahun ini menyelenggarakan perayaan Hari Ulang Tahun Raja Charles III pada 6 Juni, lima bulan lebih awal dari hari lahir sang Raja yang jatuh pada 14 November. Dubes Jermey serta Duta Besar Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin menjadi tuan rumah acara tersebut.

Perayaan tersebut dihadiri Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif yang mewakili pemerintah RI. Selain itu, hadir pula Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, politisi dan akademisi nasional, serta duta besar dan perwakilan asing lain.

Baca juga: Kolaborasi orkestra dua kerajaan perkuat hubungan Indonesia-Inggris

Baca juga: Menteri Inggris ke Indonesia perkuat kemitraan hingga bahas IKN


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2024