Kendari (ANTARA) - Perum Bulog Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan stok komoditas pangan seperti beras, gula, dan minyak goreng di wilayahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah,  17 Juni 2024.

"Stok komoditas seperti beras, gula, dan minyak goreng siap untuk Idul Adha," kata Kepala Perum Bulog Sultra Siti Mardati Saing di Kendari, Jum'at.

Siti Mardati melanjutkan, ada lebih dari 21.400 ton beras di gudang-gudang Bulog Sultra.  Belum ditambah dengan beras yang diserap dari petani yang sedang panen sekitar 8.500 ton saat ini.

"Harapan kami bisa mencapai 10 ribu ton di panen semester pertama ini sampai akhir bulan," katanya.

Baca juga: Bulog Belitung datangkan beras 1.000 ton dari Jakarta

Ia menambahkan, stok tersebut nantinya juga dimanfaatkan untuk bantuan pangan beras dan saat ini pihaknya sering melayani pasar dengan memenuhi beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP).

Selain beras, Bulog Sultra memiliki sekitar 21 ton gula pasir, belum ditambah 500 ton yang dalam perjalanan.

"Target kami, sebagian stok gula pasir sudah tiba sebelum Idul Adha," ujarnya.

Pada periode yang sama, minyak goreng ada sekitar 192 ribu liter tersebar di seluruh cabang atau gudang yang ada di wilayah Sultra. Dan pihaknya sudah memesan 450 ribu liter minyak goreng.

"Untuk minyak goreng kami target juga bahwa sebagian yang kami order akan tiba sebelum Idul Adha," katanya.

Sementara itu, untuk bawang dan tepung terigu Bulog tidak menyediakan barang yang banyak, disesuaikan dengan stakeholder.

Baca juga: Bulog Cirebon catat realisasi penyerapan panen petani sudah 156 persen

Kemudian gerakan pangan murah
 masih dilakukan oleh pemerintah daerah dan bekerja sama juga dengan Dharma Wanita di beberapa kota atau kabupaten dalam rangka menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan menjelang Idul Adha.

"Saat ini, untuk stok daging kami punya sekitar tiga ton daging ayam, jadi kami tidak menyediakan banyak,  sesuai dengan permintaan pasar yang ada," tuturnya.

Ia menegaskan, Bulog Sultra terus terlibat dalam upaya mencukupi kebutuhan pangan masyarakat sepanjang masa Idul Adha, karena itu merupakan bagian dari usaha untuk mengendalikan harga komoditas pangan di tengah potensi tingginya permintaan saat Idul Adha.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024