Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey menyatakan bahwa pihaknya akan fokus memperkuat kerja sama pertahanan dan investasi industri terkait antara kedua negara pada tahun ke-75 hubungan diplomatik Inggris-Indonesia.

“Sebagai dua negara maritim, kami memiliki fokus yang terkhusus dalam kolaborasi pertahanan di kawasan maritim (dengan Indonesia),” ucap Jermey usai menghadiri acara perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Raja Charles III di Jakarta, Kamis (6/6) malam.

Dia menegaskan bahwa kerja sama Indonesia dan Inggris tetap baik di tengah tantangan geopolitik global. Kedua negara pun sama-sama berkomitmen memajukan perdamaian di berbagai belahan dunia, kata dia.

Menurut Dubes Jermey, kerja sama tersebut amat penting bagi Inggris karena Indonesia memiliki begitu banyak rekanan politik dan rekanan global.

Ia turut memastikan bahwa Inggris akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang pertahanan dan alutsista, seperti yang telah dibina antara industri pertahanan Inggris dengan PT PAL dalam pembangunan kapal frigate dan transfer teknologi dan pengetahuan.

“Saya juga senang banyak perusahaan pertahanan Inggris lain yang telah mendukung TNI, Bakamla, dan Polri dalam memenuhi kebutuhan persenjataannya,” ucap Jermey.

Baca juga: Menhan Prabowo anggap Inggris mitra pertahanan dekat RI

Selain itu, Dubes Inggris itu mengatakan bahwa pihaknya mengakui dasar kebijakan politik luar negeri Indonesia "bebas dan aktif" dan berkomitmen menghargai pendirian tersebut saat menjalankan kerja sama bilateral.

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta tahun ini menyelenggarakan perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Raja Charles III pada 6 Juni, lima bulan lebih awal dari hari lahir sang Raja yang jatuh pada 14 November. Dubes Jermey serta Duta Besar Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin menjadi tuan rumah acara tersebut.

Perayaan tersebut dihadiri Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif yang mewakili pemerintah RI. Selain itu, hadir pula Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, politisi dan akademisi nasional, serta duta besar dan perwakilan asing lain.

Baca juga: Dubes Jermey harapkan Indonesia semakin dikenal masyarakat Inggris

Baca juga: Kedubes Inggris rayakan ulang tahun ke-76 Raja Charles III


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2024