Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meyakini timnas Indonesia mampu bangkit dari kekalahan saat melawan Irak untuk menaklukkan Filipina pada laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Saya yakin adanya evaluasi dari kekalahan melawan Irak, timnas akan lebih baik dan bisa menang lawan Filipina," ujar Dito kepada awak media usai memantau sesi latihan pesenam Rifda Irfanaluthfi menuju Olimpiade Paris 2024 di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, walaupun skuad Garuda kalah 0-2 dari Irak dalam pertandingan pada Kamis (6/6), namun secara permainan masih cukup baik.

Secara ranking, kata dia, Irak berada di peringkat ke-58, jauh di atas Indonesia yang berada di peringkat ke-134.

"Tetapi permainan cukup berimbang. Hanya memang yang namanya gol penalti dan juga kesalahan itu kan di luar dugaan kita," katanya.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026, 13 negara melaju ke putaran ketiga

Dito meyakini dengan adanya evaluasi maka dalam laga selanjutnya melawan Filipina, penampilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan jauh lebih baik.

"Semangat pemain kita juga sangat tinggi. Di Filipina juga ada penambahan kekuatan baru sehingga menjadi motivasi baru bagi pemain kita untuk tampil lebih baik," ujarnya.

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6) pukul 19.30 WIB.

Laga tersebut menjadi penentu bagi anak asuh pelatih Shin Tae-yong untuk melangkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Klasemen grup F : Indonesia tertahan di peringkat kedua, Irak lolos
Baca juga: Erick Thohir nasehati Ernando: Tak ada yang saling menyalahkan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024