Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyerukan masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan laut dengan tidak membuang sampah plastik dan lainnya ke laut.

"Jadikan laut sebagai halaman depan, jangan buang sampah ke laut, tidak hanya plastik, tapi semua jenis sampah. Jadi, kita harus bersama-sama memastikan bahwa laut bersih, karena laut memberi kehidupan bagi umat manusia," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Dengan menjaga kelestarian lingkungan alam termasuk laut dari sampah, maka ekosistem dapat berlangsung dengan aman, baik, dan sehat.

"Saat ini masih banyak yang belum menyadari pentingnya laut yang sehat. Narasi besarnya, jaga ekologi laut dengan baik, termasuk dari tekanan-tekanan ekonomi. Pemanfaatan ruang laut harus memperhatikan ekologi, aktivitas penangkapan ikan pun harus ramah lingkungan," ujarnya pula.

Upaya pentingnya menyadari bahaya sampah serta kesadaran menjaga kesehatan laut patut digencarkan, sehingga pemanfaatannya lebih seimbang untuk kehidupan manusia di kemudian hari.

"Sadar lah bahwa kita ini hidup di negara maritim, jadi cara berpikirnya harus menjadikan laut sebagai halaman depan. Yang namanya halaman depan, tentu harus dijaga kebersihannya," sebut Trenggono.

Bertepatan dengan peringatan World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2024, KKP akan melaksanakan kegiatan bertajuk Aksi Bersih Pantai yang digelar serentak di 23 kabupaten/kota di Indonesia sebagai bentuk aksi nyata dalam menjaga kelestarian laut serta sumber daya perikanan.

Baca juga: KKP tegaskan miliki sejumlah program untuk dukung kelestarian laut
Baca juga: Menteri KKP: Perlu keseimbangan ekonomi dan ekologi laut
Baca juga: Menteri KP: Laut episentrum pembangunan wujudkan Indonesia Emas 2045

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024