Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan persetujuan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 di lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebanyak 25.258 formasi.

Penetapan formasi tersebut diserahkan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra di Jakarta, Jumat.

Anas mengatakan, formasi yang telah ditetapkan terdiri atas calon aparatur sipil negara (CPNS) Tenaga Teknis sebanyak 13.687, CPNS Tenaga Kesehatan sebanyak 4.597, untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Tenaga Teknis sebanyak 3.200, dan PPPK Tenaga Kesehatan 3.774.

“Tadi Pak Wamenhan telah memaparkan bagaimana terobosan di lingkungan Kementerian Pertahanan yang berdampak kepada reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja. Dan hari ini juga kami melihat ada peningkatan signifikan dari beberapa indikator kinerja yang ada di Kemhan, tentu kami ucapkan selamat,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menteri PANRB: Pendaftaran CASN 2024 dimulai pascaverval selesai

Adapun formasi yang ditetapkan itu diyakini semakin memperkuat upaya Kemhan dalam penguatan pembangunan nasional dari aspek pertahanan.

Selain itu, sesuai arahan Presiden Jokowi, salah satu arah kebijakan CASN tahun 2024 adalah merekrut talenta-talenta baru yang berkaitan dengan transformasi digital. Saat ini Anas mengakui kapabilitas pengembangan digital masih belum optimal.

Baca juga: Politik kemarin, CASN Kemenag untuk IKN hingga Rakernas PDIP

Langkah strategis yang dapat diambil meliputi penguatan GovTech nasional untuk menciptakan infrastruktur digital yang kuat dan berkelanjutan, serta memperkuat kelembagaan yang bertanggung jawab atas koordinasi transformasi digital.

Terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), indeks SPBE Kementerian Pertahanan tahun 2023 meraih nilai 3,43 dengan predikat Baik, terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca juga: Pemprov Kalsel tak berhentikan 10.000 non ASN meski honorer ditiadakan

Dia optimistis talenta baru yang nantinya direkrut bisa melakukan transformasi digital Kementerian Pertahanan sekaligus memperkuat pertahanan siber.

“Pemberian formasi di Kementerian Pertahanan sebagai langkah dukungan untuk mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing terutama pada bidang pertahanan nasional,” ujarnya.

Baca juga: Anas minta peserta tak percaya oknum jamin kelulusan sekolah kedinasan

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mengatakan pemberian formasi CASN tahun 2024 menjadi sebuah kebijakan untuk mengisi kekosongan beberapa jabatan yang selama ini ditinggalkan baik pensiun, maupun hal lainnya.

Melalui izin prinsip tersebut Kementerian Pertahanan dapat meningkatkan kinerja terutama dalam sektor pertahanan guna mendukung pembangunan nasional.

“Tentunya ini akan juga menjadi tantangan kita ke depan agar kita bisa meningkatkan kinerja melalui rekrutmen CASN,” pungkas Herindra.

Baca juga: Kemenag siapkan 1.378 formasi CASN khusus untuk penempatan IKN
Baca juga: Pendaftaran seleksi CASN Sekolah kedinasan dibuka Rabu besok

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024