Medan (ANTARA) - Kejuaraan Nasional Rally Sumatera Utara 2024 putaran 1 yang berlangsung di perkebunan Rambung Sialang Estate, Kabupaten Serdang Bedagai, 8-9 Juni, menyajikan lintasan yang cukup menantang bagi para pembalap.

Hal tersebut disampaikan para pembalap saat konferensi pers di Pendopo Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai, Jumat.

Pereli andalan Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Ryan Nirwan asal Balikpapan, Kalimantan Timur ini mengaku trek di Rambung Sialang membuatnya bisa mengeluarkan kemampuan ekstra agar bisa tampil lebih maksimal.

Ia mengaku trek Rambung Sialang lebih smooth dibandingkan trek di Hutan Tanaman Industri PT TPL Sektor Aek Nauli, Danau Toba yang berbatu.

"Saya rasa semua pembalap lebih suka trek Rambung Sialang karena treknya smooth, kita bisa benar-benar push mobil kita 100 persen karena tidak berpikir yang gimana-gimana, sedangkan di Danau Toba kita bisa dapat batu sebesar kepala manusia di trek," katanya.

Kondisi cuaca yang cukup panas, dinilainya juga menjadi tantangan tersendiri karena cepat menguras tenaga selama lomba.

"Cuaca di sini cukup beda dengan Danau Toba, lebih panas karena dekat laut. Secara fisik dan tenaga pastinya lebih terkuras, tapi ini jadi tantangan tersendiri bagi pembalap," katanya.

Sementara itu Hade Mboi mewakili H Rahmat dari LFN-Sederhana Motorsport mengakui trek Danau Toba dan Rambung Sialang cukup berbeda, tapi keduanya sama-sama menarik.

Baca juga: 33 pereli bersaing di Kejurnas Rally Sumatera Utara  2024 

"Danau Toba menawarkan pemandangan danau, kalau di sini ada laut, keduanya sangat menarik, satu hal yang memang perlu diperhatikan di sini, pengamanan penonton. Artinya yang perlu diwaspadai tikungan dan masyarakat perlu edukasi dan pengamanan lebih ketat lagi," katanya.

Sebanyak 33 pereli dipastikan ikut dan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Kejurnas Rally Sumatera Utara 2024 putaran 1 ini.

Kawasan yang berada di areal perkebunan sawit ini juga pada 1996-1997 menjadi salah satu lintasan World Rally Championship (WRC). Rambung Sialang terakhir kali menjadi tuan rumah ketika Asia Pacific Rally Championship (APRC) digelar di Sumatera Utara pada Juli 2019.

Sumatera Utara pada 2024 didaulat dua kali sebagai tuan rumah reli panjang, yakni Kejuaraan Nasional Rally putaran 1 dan APRC Asia Cup putaran keempat yang bakal digelar pada 2-4 Agustus.

Baca juga: Mantan ahli radiologi berlaga demi wujudkan mimpi di Reli Taklimakan
Baca juga: Kisah kegigihan duo ibu dan putrinya dalam Reli Taklimakan di China

Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024