Meulaboh (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Aceh, Mayjen TNI Riko Fahrizal mengatakan pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan upaya untuk memantapkan ketahanan pangan dan memajukan ekonomi lokal.

"TMMD juga sebagai upaya untuk memperkuat pemerintahan daerah," kata Mayjen TNI Riko Fahrizal saat menutup kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024 di lapangan sepakbola Desa Manggie, Kecamatan Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat, Jumat.

Pangdam Iskandar Muda mengatakan program darma bakti TMMD telah berhasil mewujudkan percepatan pembangunan wilayah.

Riko Fahrizal mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam semangat gotong-royong, guna membangun daerah dan mencapai target yang diharapkan demi kesinambungan manunggal TNI dengan rakyat.

Pangdam menyebutkan, agenda penutupan TMMD tidak hanya upacara seremonial, tetapi juga menggelar pasar murah, pameran alutsista (alat utama sistem senjata), serta pengobatan massal gratis untuk masyarakat setempat.

Baca juga: KSAD pastikan program TMMD selalu dievaluasi
Baca juga: KSAD tutup TMMD ke-120 di Tanah Bumbu Kalsel


Upacara penutupan TMMD juga diselenggarakan secara serentak di Gayo Lues, Nagan Raya, dan Aceh Barat.

Hal ini menunjukkan keseriusan dan komitmen pemerintah dalam membangun wilayah-wilayah terpencil, katanya.

Dengan berakhirnya kegiatan TMMD pada 7 Juni 2024, diharapkan wilayah yang terlibat dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, demikian Niko Fahrizal.

Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi mengapresiasi kontribusi yang signifikan dari Program TMMD dalam pembangunan daerah.

"Program TMMD tidak hanya memberikan kontribusi dalam infrastruktur, tetapi juga dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan," kata Mahdi.

Ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas upaya bersama dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Aceh Barat.

Mahdi mengatakan, melalui kolaborasi antara TNI dan pemerintah daerah, banyak proyek pembangunan yang telah berhasil direalisasikan.

Mahdi menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan terus mendukung dan berkoordinasi dengan TNI untuk melanjutkan program-program pembangunan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dia juga mengajak semua pihak untuk terus berpartisipasi aktif dalam upaya membangun daerah demi kesejahteraan bersama.

Baca juga: TMMD Ke-120 buka akses jalan 3,7 kilometer di Bogor
Baca juga: Kegiatan TMMD buka akses jalan di Desa Danasri Purbalingga
Baca juga: Tim Mabesad tinjau pelaksanaan TMMD Ke-120 di Hulu Sungai Utara

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024