Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan berdasarkan pantauan Sensor Modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terdapat dua titik panas di Sumatera Utara (Sumut).

"Kedua titik panas tersebut masing-masing terpantau di Kecamatan Kwaluh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, dan di Kecamatan Panei Hilir, Kabupaten Labuhanbatu," kata Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan Tri Anggun Lestari, di Medan, Sabtu.

Terkait titik panas tersebut, kata dia, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan, mengingat cuaca panas saat ini meski sesekali hujan. Pantauan terhadap titik panas tersebut, lanjutnya, juga sudah disampaikan kepada pemangku kepentingan di daerah itu agar dapat menjadi perhatian.

Baca juga: Cuaca hari ini, waspadai potensi hujan lebat di 20 provinsi

Sementara terkait cuaca di Sumut pada Minggu (9/6) pagi berpotensi cerah berawan dan hujan ringan di sebagian wilayah provinsi itu.

Hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Toba, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas Utara, Nias, Nias Utara, Gunug Sitoli, dan sekitarnya.

Sedangkan pada siang dan sore hari berpotensi hujan lebat di wilayah Pakpak Bharat, Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya.

Baca juga: BPBD: Waspada cuaca ekstrem di Natuna pada 9-11 Juni

Pada malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Mandailing Natal.

Kondisi yang sama juga dapat terjadi di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Toba, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Gunung Sitoli, dan sekitarnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Lereng Timur Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Tri Anggun Lestari.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang 2,5 meter di Samudera Hindia barat Nias & Aceh
Baca juga: BMKG: Waspada cuaca buruk di sejumlah wilayah Bali hingga 9 Juni

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024