Makkah (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia akan dibekali kerikil untuk lontar jumrah sejak di Arafah, utamanya bagi mereka yang akan melaksanakan mabit di Muzdalifah melalui skema murur.

"Kita juga telah memikirkan penyediaan kerikil untuk lontar jumrah. Jadi meski pun tidak turun di Muzdalifah, jamaah tidak perlu khawatir tidak dapat kerikil. Itu kami bekali sejak jamaah ada di Arafah," ujar Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Subhan Cholid di Makkah, Sabtu.

Pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024, kata dia, untuk kali pertama Indonesia akan menerapkan skema murur dalam pola pergerakan jamaah pada masa puncak haji.

Murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah. Jamaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

Baca juga: PP Persis: Haji dengan skema lewati Muzdalifah tanpa turun tetap sah

Skema murur ini, kata dia, rencananya akan diikuti oleh 25 persen jamaah calon haji Indonesia atau sekitar 55 ribu orang. Mereka yang akan diprioritaskan ikut dalam skema murur ini adalah jamaah dengan risiko tinggi (risti), lanjut usia (lansia), disabiltas, serta para pendamping lansia.

Subhan mengatakan pihak mashariq menyiapkan kantong berisi kerikil sejumlah 70 buah, cukup untuk keperluan lontar jumrah Aqobah hingga selesai Nafar Tsani.

Pemberian kerikil ini, kata Subhan, akan dilakukan bersamaan dengan pemberian makanan berat yang ditujukan sebagai layanan konsumsi di Muzdalifah.

"Jadi nanti, pada saat jamaah di Arafah akan ada pembagian kantong kerikil beserta snack berat untuk di Muzdalifah. Nah ini dua-duanya dibawa. Jangan ditinggal di Arafah ya," kata Subhan.

"Snack-nya dikonsumsi oleh jamaah saat di Muzdalifah, terutama bagi mereka yang tidak ikut murur. Sambil menunggu pemberangkatan ke Mina bisa sambil konsumsi snack berat. Sementara untuk kantong kerikilnya nanti akan kita gunakan saat melakukan lontar jumrah di Mina," katanya.

Baca juga: Murur, skema baru demi jaga keselamatan jamaah Indonesia

Pewarta: Asep Firmansyah/Sigid Kurniawan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024