Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas melalui roadshow kewirausahaan yang dilakukan di 12 kecamatan yang ada di wilayah setempat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Hendri Arulan di Batam, Sabtu, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari roadshow yang telah dirancang di 12 kecamatan se-Kota Batam.

“Ini merupakan arahan dari Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina, untuk turun ke kecamatan menjumpai pelaku UMKM terkait informasi legalitas dan sebagainya. Bengkong merupakan kecamatan ke-7 yang kami laksanakan, menghadirkan ibu-ibu pelaku usaha yang sudah eksis maupun yang baru memulai,” ujar Hendri.

Ia menyampaikan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan informasi yang berguna bagi para pelaku usaha.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, Pemkot Batam berharap dapat semakin meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian daerah serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Sabtu mengatakan kegiatan roadshow kewirausahaan bertujuan untuk mendorong dan memajukan UMKM di Kota Batam agar dapat berdaya saing dengan usaha-usaha yang ada.

Ia juga menekankan pentingnya memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan di Batam dalam mempromosikan produk-produk unggulan milik pelaku UMKM.

“Batam sedang membangun infrastruktur dari tingkat kota hingga Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK). Tujuannya adalah untuk membuka akses bagi siapa pun yang datang ke Batam, terutama wisatawan mancanegara dan investor. Manfaatkanlah infrastruktur ini untuk membuka usaha di berbagai bidang,” ujar Jefridin.

Kata Jefridin, berdasarkan data pada 31 Desember 2023, kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam mencapai 1,2 juta, serta tambahan belasan ribu dari wisatawan domestik.

“Ayo kita kembangkan Batam menjadi daerah yang kita cita-citakan dan tingkatkan ekonomi keluarga masing-masing,” ujar dia.

Baca juga: Pemprov Kepri menargetkan pinjaman modal usaha Rp60 miliar untuk UMKM
Baca juga: OJK Kepri meningkatkan indeks literasi keuangan pelaku UMKM
Baca juga: KemenKopUKM targetkan rasio kredit perbankan ke UMKM 30 persen di 2024

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024