Pekanbaru (ANTARA) - Satu unit Jembatan Desa Rantau Kasih di Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau rampung setelah masyarakat setempat menanti penyelesaian jembatan ini hampir puluhan tahun.

Jembatan Desa Rantau Kasih diresmikan oleh Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, Sabtu.

Jembatan yang dibiayai Bantuan Keuangan (Bankeu) dari APBD Provinsi Riau 2023 senilai Rp43 miliar itu menghubungkan tiga kabupaten yaitu Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan dan Kampar, dan menghubungkan satu desa yang memiliki sebanyak 600 KK itu.

"Jembatan sebagai sarana transportasi mempunyai peran penting bagi kelancaran pergerakan lalu lintas, keberadaan jembatan bisa menghubungkan rute atau lintasan transportasi yang terpisah baik oleh sungai, rawa, danau, jalan raya dan lain lain," kata SF Hariyanto.

Ia mengatakan pembangunan jembatan ini dilakukan pada 26 Mei-21 Desember 2023. Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen dan mendukung pembangunan dan kemajuan di Provinsi Riau agar kebutuhan masyarakat Riau dapat terpenuhi.

Sebab katanya lagi, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas utama pemerintah provinsi Riau, dan pihaknya akan terus bekerja keras untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

"Pembangunan jembatan ini merupakan impian yang telah lama dinanti, setelah sebelum kami harus menghadapi kesulitan dalam akses transportasi dan mobilitas sehari-hari," kata Warga Desa Rantau Kasih, Mawarsih (52).

Terimakasih kepada Penjabat Gubernur SF Hariyanto, atas perhatian dan komitmen dalam membangun infrastruktur guna memudahkan mobilitas masyarakat sehari-hari yang seblumnya terpaksa menyeberang dengan menggunakan rakit dan membutuhkan 30 menit baru bisa menyeberang.

Masyarakat Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kampar melaksanakan syukuran kerena pembangunan jembatan di desa mereka itu rampung. Syukuran yang digelar dengan menyembelih menyembelih dua ekor kerbau yang langsung di masak di sekitar bangunan jembatan oleh warga setempat.

Baca juga: BNPB bantu Riau helikopter water bombing tangani karhutla 
Baca juga: Riau berupaya entaskan 48.730 miskin ekstrem di 4 kabupaten

Pewarta: Frislidia
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024